Home Sulteng

Sisa Tiga Hari Pendaftaran Calon Komisioner KI

Mulyono. (Foto: Istimewa)
  • Mulyono: Pendaftar Sudah 17 Orang

Palu, Metrosulawesi.id – Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mulyono, mengingatkan masa pendaftaran calon komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulteng Periode 2021-2025 sisa tiga hari lagi.

“Pendaftaran dan waktu melengkapi berkas sampai 18 Juni,” ungkap Mulyono yang juga selaku Ketua Tim Seleksi Calon Komisioner KI Sulteng, Senin, 14 Juni 2021.

Mulyono menyebut pendaftar tercatat sudah mencapai 17 orang. Namun dari 17 berkas tersebut, baru 11 yang dinyatakan lengkap sebagaimana yang dipersyaratkan. Sisanya masih harus dilengkapi yang diberi waktu sampai 18 Juni 2021. Para pendaftar dengan berbagai latar belakang, termasuk dari Komisioner KI Sulteng yang saat ini masih menjabat.

Diketahui, persyaratan bagi peminat calon komisioner KI Sulteng sudah ditetapkan berdasarkan surat Nomor: 005/399/DKIPS tertanggal 31 Mei 2021. Surat ini sekaligus pengumuman tanda dibukanya pendaftaran calon Komisioner KI Sulteng.

Persyaratan yang ditetapkan mengacu Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Pasal 30 ayat (1) tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yaitu untuk persyaratan umum (Pasal 30 UU No.14/2008 tentang KIP) diantaranya warga negara Indonesia, memiliki integritas dan berkelakuan tidak tercela, tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman pidana lima tahun atau lebih, memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang keterbukaan informasi publik sebagai bagian dari hak asasi manusia dan kebijakan publik.

Memiliki pengalaman dalam aktivitas badan publik, bersedia melepaskan keanggotaan dan jabatannya dalam badan publik apabila diangkat menjadi anggota KI, bersedia bekerja penuh waktu, berusia paling rendah 35 tahun, serta sehat jiwa dan raga.

Persyaratan khusus yang wajib dipenuhi calon peserta untuk kelengkapan administrasi yakni surat pendaftaran yang ditandatangani (sesuai format), daftar riwayat hidup (sesuai format), foto bewarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak empat lembar, fotokopi/salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Resort (Polres) setempat yang masih berlaku. Asli Surat keterangan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah. Asli Surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari keanggotaan dan jabatan pada Badan Publik apabila diangkat menjadi Anggota Komisi Informasi yang ditandatangani di atas materai.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas