Home Ekonomi

Pegadaian Imbau Nasabah Waspada Penipuan Lelang Online

Vice President PT Pegadaian (Persero) Area Palu, Dul Trisno. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Pegadaian (Persero) Area Palu mengimbau masyarakat khususnya bagi nasabah yang selama ini menggunakan sistem layanan Pegadaian Online dan Pegadaian Digital Service (PDS), agar terus berhati-hati terhadap modus penipuan terkait beredarnya pemberitaan lelang online.

“Kita harus teliti terlebih dahulu karena banyak yang mengatasnamakan Pegadaian untuk melakukan penipuan,” ujar Dul Trisno selaku Vice President PT. Pegadaian (Persero) Area Palu usai dihubungi Metrosulawesi, Senin (14/6/2021).

Menurutnya, PT Pegadaian (Persero) tidak melayani aktivitas lelang dengan sistem online. Sebab, lanjut dia, pihaknya tidak mempunyai program tersebut. Maka dari itu, dirinya meminta agar seluruh nasabah dan masyarakat agar tidak mudah percaya akan informasi yang beredar terkait lelang online atas nama Pegadaian.

Ia menambahkan bila masyarakat mendapatkan informasi terkait lelang online yang mengatasnamakan Pegadaian, untuk segera melakukan konfirmasi ke outlet-outlet Pegadaian terpercaya. Sehingga penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab dapat ditindak.

“Kalau mendapatkan sebuah infomasi mengenai lelang online segera lakukan konfirmasi lebih lanjut ke Outlet Pegadaian terdekat atau agar lebih mudah segera hubungi Call Center Pegadaian dan Humas Pegadaian Pusat. Masyarakat juga tidak boleh melakukan transaksi apapun ke rekening yang tidak dikenal,” tuturnya.

Seperti yang diketahui bahwa program lelang di Pegadaian dengan mendatangi langsung ke kantor perseroan. Sistem lelangnya yaitu barang yang dilelang ditampilkan di ruang depan kantor Pegadaian serta diberi nomor urut berdasarkan jenis barang, sehingga pembeli tinggal menunjuk barang yang diinginkan dengan menyebutkan nomornya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas