Home Palu

IDI Targetkan 1.500 Warga Terima Vaksin

dr Winarti Arifuddin. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Pada kegiatan Festival Vaksinasi yang akan digelar selama tiga Hari mulai Jumat hingga Ahad (18-20) Juni 2021. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menargetkan kurang lebih sebanyak 1.500 warga dapat menerima vaksin covid 19.

Hal tersebut dilaksanakan dalam Rangka Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 2021. Selain itu, pihak IDI didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palu yang nantinya akan berpusat di Lapangan Vatulemo Kota Palu.

“Dari kami menargetkan 1.500-an masyarakat yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 terdiri dari lintas umur dan profesi. Yang kita utamakan kelompok pra-lansia (diatas 50 tahun), lansia (diatas 60 tahun), dan pelayanan publik, pelaku usaha,” kata Ketua Panitia HBDI 2021, dr.Winarti Arifuddin.Sp.PD.FINASIM, belum lama ini.

Disebutkan, untuk mencapai angka 1.500 dosis yang disuntikkan kepada masyarakat, IDI telah mengimbau kepada para anggotanya yang prakter di Palu untuk membawa minimal 10 pasiennya agar melakukan vaksinasi.

“Di lingkup kecil kami, kami menargetkan 1.500 sasaran. 1.000 untuk lansia dan pra-lansia, 500 untuk pelaku usaha. Kami akan data, kami mengimbau kepada dokter-dokter kami yang berpraktek di klinik atau praktek pribadi, untuk mendaftarkan pasiennya,” sebutnya.

“Kami disini punya sekitar 100 orang dokter praktek, jadi insyaallah target tercapai. Itu baru dilingkup kami sebenarnya, kami menginginkan sebanyak-banyaknya,” tambahnya.

dr. Winarti mengatakan, Festival Vaksinasi sejatinya tidak hanya terpusat satu titik di Lapangan Vatulemo. Namun, kata dia, pada pelaksanaannya, bisa juga dilakukan di puskesmas terdekat yang ada di sekitar masyarakat. Sebab, Festival tersebut merangkul seluruh puskesmas di Kota Palu untuk suksesi kegiatan.

“Karena ini juga dilaksanakan serentak di seluruh puskesmas Kota Palu, bersamaan,” tuturnya.

Sementara itu, ia mengatakan untuk masyarakat yang belum terdaftar, IDI dan Pemkot Palu juga menyiapkan posko pendaftaran. Pencapaian dari vaksinasi itu, kata dia, terakumulasi pada pencapaian vaksinasi pemerintah Kota Palu. Sementara pada dosis II yang akan datang, penerima vaksinasi dosis I akan kembali ke puskesmas masing-masing.

“Kemudian duta vaksin, jadi beberapa hari ini sudah sangat gencar dilakukan dan karena ini adalah dukungan penuh dari Pemkot, maka perlu juga dari seluruh lintas sektor dan organisasi profesi lain juga dilibatkan,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas