Home Ekonomi

Dirut: Realisasi PEN Melonjak Tiga Kali Lipat

Rahmat Abdul Haris. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)
  • Bank Sulteng Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Palu, Metrosulawesi.id – Bank Pembangunan Daerah (BPD) PT Bank Sulteng menyatakan komitmen penuhnya untuk mendukung program pemerintah pusat dalam memulihkan ekonomi yang tertuang dalam program (Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Direktur Utama PT Bank Sulteng, Rahmat Abdul Haris berujar, realisasi program PEN melonjak sebanyak tiga kali lipat dari target. Hal itu, lanjut dia, dibuktikan dengan terlampauinya target yang dibebankan pemerintah dalam penyaluran program kredit mendukung PEN tersebut.

“Kami diamanatkan menyalurkan sebanyak Rp200 miliar, tapi sekarang ini sudah Rp600 miliar, tiga kali lipat, dan akan terus kami salurkan dalam bentuk program pemberdayaan program pembiayaan Kredit Melawan Rentenir (Melati),” katanya, belum lama ini.

Ia mengatakan sejumlah daerah di Sulteng sudah sangat menikmati program Melawan Rentenir (Melati) seperti Kabupaten Sigi, Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Banggai Laut, dan Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Program melati ini membantu pemberdayaan, selain orientasinya kepada keberlanjutan usaha masyarakat. Kita juga memberikan fasilitas terhadap tata niaga dari hasil mereka,” ujarnya.

“Artinya adalah, mereka para pelaku usaha lintas sektor melakukan produksi, sudah akan ada pasar pastinya, kita fasilitasi seperti contoh kacang tanah yang ada di Sigi,” ujarnya menambahkan.

Rahmat berharap, program PEN akan terus tersalurkan, dengan dukungan pemerintah kabupaten dan kota untuk meningkatkan presentase pencapaian bisnis bank masyarakat tersebut.

“Bank Sulteng ini milik semua masyarakat Sulteng, adanya program PEN juga akan memberikan dampak peningkatan taraf hidup masyarakat, dengan pemberdayaan itu, semua akan simbiosis mutualisme, saling menguntungkan,” tutupnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas