Home Palu

KUA Palu Barat akan Direvitalisasi

H Muhammad Ramli, SAg, MAg. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas Islam) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulteng, Muhammad Ramli mengungkapkan, pada dasarnya Sulteng siap menindaklanjuti pencanangan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA).

“Jadi ada empat tujuan dalam revitalisasi KUA tersebut, yakni meningkatkan kualitas umat beragama, memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan beragama, memperkuat program dan layanan keagamaan, serta keempat untuk meningkatkan kapasitas KUA sebagai pusat pelayanan keagamaan,” jelas Ramli, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut Ramli, pelayanan yang sudah ada di KUA itu harus ditingkatkan kapasitasnya agar menjadi pusat pelayanan yang berkualitas.

“Untuk KUA di Sulteng yang masuk pencanangan yakni KUA Palu Barat, dan target Menag RI itu tahun ini akan mencanangkan 100 KUA se-Indonesia, salah satunya adalah KUA Palu Barat,” ujarnya.

Ramli mengatakan, sebenarnya inti dari revitalisasi adalah peningkatakan kapasitas kelembagaan, yang berbeda itu adalah perhatian dalam meningkatkan kualitas.

“Semua KUA didorong untuk meningkatkan kualitas, bukan hanya satu. Hanya saja ada istilah dicanangkan maka dipilihlah KUA sebagai percontohan, untuk seluruh KUA yang ada di daerah,” katanya.

Kata Ramli, jika sudah dicanangkan maka pusat akan melakukan kegiatan-kegiatan dengan melibatkan KUA yang ditunjuk.

“Reviltasasi ini juga untuk menyempurnakan standar pelayanan publik pada KUA, transformasi digital, serta penguatan program. Artinya beberapa hal sudah pernah dilakukan oleh sejumlah KUA, hanya saja lebih ada penguatan untuk dicanangkan kembali,” ungkapnya.

Ramli mengatakan, KUA yang ditunjuk ini akan menerima banyak Bimbingan Teknis (Bimtek), diantaranya Bimtek Layanan Prima, Bimtek Revitalisasi KUA, Bimtek Layanan Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, dan Bimtek Administrasi Pengamanan Aset dan Wakaf. Bahkan, KUA yang ditunjuk akan menerima juga Bimtek Standar Penyuluh Agama Islam guna mendukung revitalisasi KUA.

“Pelayanan lebih prima ini juga paling menjadi perhatian. Olehnya saya mengimbau kepada semua KUA di Sulteng untuk meningkatkan kapasitasnya. Tidak hanya KUA yang ditunjuk untuk dicanangkan tetapi seluruhnya bisa berinovasi, bagaimana merespon kebutuhan umat, serta dapat menyuarakan moderasi beragama,” jelasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas