Home Donggala

Donggala Siapkan Rp15 Miliar Bayar Insentif Nakes Covid

Muzakir Ladoali. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Donggala menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang menangani pasien Covid. Pembayaran insentif dilakukan dengan persyaratan ketat.

Kadis Kesehatan Donggala, Muzakir Ladoali mengatakan, insentif tenaga medis yang menangani covid-19 tetap akan dibayarkan dan akan dituntaskan di tahun ini.

“Hanya saja proses pencairan dana insentif bagi tenaga medis yang tersebar di 16 kecamatan masih menunggu tim verifikasi dari dinas kesehatan,” katanya kepada Metrosulawesi, Jumat 11 Juni 2021.

“Insentif tenaga medis dibayarkan berdasarkan jumlah kasus yang ditangani. Saya masih lakukan verifikasi bersama tim Dinkes. Dananya ada melalui program percepatan penanganan covid BTT (Bantuan tak terduga),” tambahnya.

Muzakir mengatakan, pembayaran akan segera dilakukan, bila semua tahapan sudah rampung.

“Kalau sudah rampung secara administrasi baru ajukan ke Pemkab melalui Dinas Pendapatan Keuangan Daerah. Saya tidak mau terburu-buru untuk rekomendasi insentif karena terjadi perubahan petunjuk,” sebutnya lagi.

Mantan Kadis DLH ini menjelaskan, proses pencairan insentif tenaga medis sangat ketat dan berbeda dengan tahun sebelumnya. Olehnya ia tak ingin terburu-buru memprosesnya. Sebab ditakuti tidak sesuai jumlah kasus dengan uang yang akan dibayarkan, yang pada ujungnya akan terjadi pengembalian.

“Ada perhitungannya tim verifikasi yang tahu berdasarkan juknis. Berapa jumlah kasus itulah yang kita hitung menjadi satu kesatuan besaran insentif,” jelasnya.

Para nakes diimbau tidak perlu khawatir.

“Tetap akan dibayarkan dana sudah siap sebesar Rp15 miliar untuk insentif. SPJ (surat pertanggungjawaban) sudah ada di bagian perencanaan dalam proses verifikasi. Tahun ini akan dibayarkan insentif tenaga medis yang berjumlah 700-an, paling cepat bulan depan,” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas