Home Palu

Untad Kini Punya 47 Profesor

PIDATO PENERIMAAN - Prof Nur Ali menyampaikan pidato penerimaan sebagai Anggota Dewan Profesor Untad yang dipimpin Ketua Dewan Pofesor Prof Mery Napitupulu dan dihadiri Rektor Prof Mahfudz, Ketua Senat Prof Basir, dan anggota dewan profesor lainnya serta jajaran dekan di Aula Fakultas Kedokteran Untad, Kamis, 10 Juni 2021. (Foto: Humas Untad)
  • Nur Ali Jadi Guru Besar Psikologi Sosial

Palu, Metrosulawesi.id – Jumlah profesor/guru besar di Universitas Tadulako (Untad) kini mencapai 47 orang. Prof Dr Muhammad Nur Ali M.Si menjadi guru besar ke 47 di kampus terbesar di Sulteng itu. Penerimaannya menjadi bagian dari Anggota Dewan Profesor Untad berlangsung di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Kamis, 10 Juni 2021.

Penerimaan tersebut dipimpin Ketua Dewan Pofesor Untad, Prof Dra Ir Mery Napitupulu M.Sc Ph.D dan dihadiri Rektor Prof Dr Ir Mahfudz MP, Ketua Senat Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS, dan anggota dewan profesor lainnya serta jajaran dekan.

Prof Nur Ali tercatat sebagai guru besar bidang psikologi sosial pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untad. Menurut Rektor, Prof Nur Ali merupakan guru besar pertama di tahun 2021 ini.

“Selaku Rektor dan pribadi menyampaikan selamat kepada Prof Dr Muhammad Nur Ali atas penghargaan yang diberikan kepada Kementerian Pendidikan untuk menduduki jabatan sebagai guru besar atau profesor,” ucap Rektor Untad.

Rektor mengharapkan pangkat profesor yang disandang Prof Nur Ali bisa menjadi pemicu semangat dosen-dosen di lingkungan Universitas Tadulako. Tujuannya agar semakin banyak jumlah profesor di Untad.

Kata Prof Mahfudz, jumlah profesor di suatu perguruan tinggi berkorelasi dengan penilaian terhadap institusi. Selain itu, dengan menjadi profesor tentunya akan menambah pundi-pundi penghasilan yang diterima.

“Dengan raihan jabatan tertinggi funsional yang dicapai oleh Prof Nur Ali tentu memberikan manfaat, baik secara pribadi maupun secara institusi. Secara pribadi saya kira sangat jelas dengan mendapat jabatan profesor akan menambah penghasilan. Sudah jelas dalam SK ada penambahan dua kali dari gaji pokok,” ujar Prof Mahfudz.

Adapun Prof Nur Ali dalam penerimaan sebagai anggota dewan profesor menyampaikan pidato berjudul “Psikologi Kontemporer; Melintas Batas Epistemologi, Teori, dan Terapan”. Prof Nur Ali yang lahir di Mapane, 1963 mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan dukungan kepadanya.

Secara khusus ucapan terima kasih disampaikan kepada Ketua Senat Prof Basir, Rektor Prof Mahfudz, Ketua Dewan Profesor Prof Mery, Dekan FISIP Prof Muhammad Khairil dan lainnya. Diketahui, sebaran profesor di Untad terbanyak di Fakultas Pertanian berjumlah 13 orang, disusul FKIP 9 orang, Fapetkan dan Ekonomi masing-masing 8 orang, Teknik 3 orang, FISIP 2 orang, serta Fakultas Hukum, Fakultas MIPA, Fakultas Kehutanan dan Fakultas Kesehatan Masyarakat masing-masing 1 orang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas