Home Palu

Terapkan Kompetensi Pedagogik di Sekolah

Suasana bimtek peningkatan kompetensi pedagogik guru SMA yang digelar Dinas Dikbud Sulteng di Hotel Jazz Palu (10/6). (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)

Palu, Metrosulawesi.id – Puluhan guru SMA dari berbagai daerah di Sulteng telah selesai mengikuti bimbingan teknis peningkatan kompetensi pedagogik pada salah satu hotel di Kota Palu, Kamis, 10 Juni 2021. Pengetahuan praktis dan teoritis yang diperoleh selama bimtek diharapkan dapat membawa perubahan dalam diri para guru serta lingkungan sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan SMA, Muchlis yang menetup bimtek itu mengatakan para guru yang diundang mengikuti bimtek bukan karena mereka tidak memiliki kompetensi, khususnya kompetensi pedagogik.

“Saya yakin guru-guru yang ikut bimtek ini memiliki kompetensi. Dalam bimtek ini lebih mendalam lagi penerapan kompetensi pedagogik,” kata Muchlis. 

Dia berharap pengetahuan yang diperoleh dapat membawa perubahan dalam diri para guru, diterapkan di lingkungan sekolah, serta ditularkan kepada rekan-rekan guru lainnya.

“Karena pengalaman selesai bimtek maka selesai semuanya, tidak ada dampak perubahan terhadap guru itu sendiri maupun sekolah. Jadi saya berharap pengetahuan ini dapat ditularkan kepada guru-guru lainnya,” harap Muchlis.

Di bagian lain, Muchlis menyinggung tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dia mewanti-wanti pihak sekolah untuk mengikuti aturan yang dikeluarkan pemerintah provinsi, yakni sistem zonasi dalam PPDB.

Selain itu tentang pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi Covid-19, pihaknya masih menunggu perkembangan tentang pola PTM yang akan dipakai. Kabid Muchlis juga meminta para guru bisa berinovasi dalam memberikan pelajaran kepada peserta didik, dengan memanfaatkan teknologi informasi atau internet.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas