Home Sulteng

Bahran: Gaji 13 Cair Akhir Juni

Bahran. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tengah, Bahran, mengungkapkan gaji ke 13 untuk PNS Pemprov Sulteng akan dicairkan akhir Juni mendatang.

“Gaji 13 akhir Juni baru dicairkan,” ungkapnya kepada Metrosulawesi, Kamis, 10 Juni 2021.

Bahran mengatakan ada sekitar 12.000 PNS Pemprov Sulteng yang akan menerima gaji ke 13. Besaran yang diterima satu bulan gaji sesuai pangkat/golongan masing-masing yang akan dibayarkan melalui transfer bank.

“Di Pergub kita memang bulan Juni pembayaran, cuma anggaran kas kita akhir Juni, kita seragamkan minggu terakhir,” ujar Bahran.

Dia mengatakan gaji 13 PNS diperuntukkan bagi orangtua memenuhi kebutuhan sekolah tahun ajaran baru. Diketahui, gaji ke 13 merupakan penghargaan pemerintah kepada seluruh PNS dan pensiunan yang telah berperan dalam pembangunan nasional. Anggaran merupakan bagian dari dana alokasi umum (DAU) yang sudah dialokasikan untuk masing-masing Pemda.

Sebelumnya diberitakan, untuk THR yang telah diterima PNS sama seperti tahun sebelumnya. Dipastikan tidak ada pemotongan seperti isu yang beredar. Bahkan tahun ini, eselon II atau kepala OPD disebut ikut menerima THR.

“Tahun 2020 eselon II tidak ada THR, kalau tahun ini (2021) dapat,” ucap Kepala BPKAD Bahran.

Dia merincikan untuk eselona II akan menerima THR mencapai Rp7 juta dan eselon III Rp5-6 juta. Untuk PNS dengan jabatan staf bisa menerima THR hingga Rp4 juta menyesuaikan masa kerja dan golongan/pangkat.

“Tapi kalau staf yang belum berkeluarga dapat tunjangan tidak banyak karena tak ada tanggungan, variatiflah,” tandas Bahran.

Pembayaran THR telah PNS Pemrov Sulteng mencapai puluhan miliar. Besaran THR yang diterima masing-masing PNS setara satu bulan gaji sesuai jabatan/golongan.

“Saya tidak hafal persis jumlahnya, tapi sebesar satu bulan gaji yang pembayarannya melalui transfer ke rekening masing-masing,” ucap Bahran.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Dearah (BKD) Provinsi Sulawesi Tengah, tercatat PNS lingkup Pemprov Sulteng sebanyak 11.925 orang sampai akhir 2020. Dari jumlah itu, sebanyak 5.831 orang merupakan PNS pria dan 6.094 merupakan PNS wanita.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas