Home Sulteng

Website CCI Jadi Dasar Penilaian bagi Perangkat Daerah

BIMTEK INOVASI - Sejumlah peserta Bimtek inovasi daerah dan launching aplikasi berbasis website CCI di Aula BPPID Provinsi Sulawesi Tengah jalan Garuda, Rabu 9 Juni 2021. (Foto: Adm. Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Dg Palabbi SH MH didampingi Kepala Badan Penelitian, Pengembangan Inovasi Daerah (BPPID) Dr. Drs. Adidjoyo Dauda, M.Si membuka Bimtek inovasi daerah dan melaunching aplikasi berbasis website Central Celebes Innovation (CCI) bertempat di Aula BPPID Provinsi Sulawesi Tengah jalan Garuda, Rabu 9 Juni 2021.

Mengawali sambutannya, Wakil Gubernur memberikan apresiasi kepada BPPID yang telah melakukan kegiatan sebagai salah satu upaya untuk mendukung percepatan pembangunan daerah dan menyukseskan program pemerintah daerah.

Menurut Wakil Gubernur, inovasi merupakan faktor penting dalam mendukung perkembangan ekonomi dan daya saing daerah. Pemerintah daerah mempunyai peran penting mendorong inovasi, promosi pembangunan berkelanjutan dinilai tidak lengkap tanpa didukung iptek dan inovasi.

“Oleh sebab itu, pemerintah daerah dituntut untuk lebih profesional dalam melakukan pengelolaan terhadap seluruh sumber daya yang dimilikinya, serta mampu melakukan percepatan dalam rangka mendorong peningkatan pelaksanaan di seluruh aspek melalui kebijakan yang kreatif dan inovatif yang disesuaikan dengan karakteristik, kemampuan serta kearifan lokal di Sulawesi Tengah,” sebut wakil gubernur.

Aplikasi berbasis website CCI yang dirancang BPPID Sulteng lanjut wakil gubernur, sebagai salah satu instrumen untuk mendorong pemerintah daerah provinsi khususnya perangkat daerah untuk melakukan inovasi secara berkesinambungan dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan daya saing Sulawesi Tengah serta mempercepat pelayanan kepada masyarakat guna terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas.

Aplikasi CCI juga akan menghimpun semua bentuk pembaharuan berupa inovasi yang telah dilaksanakan oleh seluruh perangkat daerah lingkup Pemprov Sulawesi Tengah.

Dari hasil penginputan CCI diharapkan dapat memberikan informasi sejauh mana perkembangan inovasi, yang telah dilakukan oleh perangkat daerah. Dan dalam jangka panjangnya aplikasi tersebut, akan dijadikan dasar untuk penilaian bagi perangkat daerah yang inovatif dan tidak inovatif, yang tentunya akan mendapatkan reward dan punishment dari pimpinan daerah ke depan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wakil Gubernur sekalian pamit dan meminta maaf, apabila dalam menjalankan amanah kepemimpinannya bersama gubernur masih terdapat kekurangan yang menimbulkan kekeliruan, dan ketidaknyamanan saat berkoordinasi dan berkomunikasi, karena pada tanggal 16 juni 2021 merupakan akhir masa jabatannya.

Wakil Gubernur juga mengharapkan agar ASN beserta seluruh komponen masyarakat agar mendukung kepemimpinan gubernur-wakil gubernur sulawesi tengah terpilih.

Sekretaris BPPID, Zubair S.Sos menyatakan Bimtek dan louncing CCI bertujuan mendorong Perangkat daerah lebih kreatif dan inovatif dalam menyelenggarakan pemerintah daerah melalui bimbingan teknis inovasi daerah.

Dengan aplikasi CCI dapat memudahkan perangkat daerah dalam menyampaikan data inovasi yang dilakukan ke pemerintah daerah Sulteng melalui aplikasi BPPID.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan dimasuk adalah sekretaris dan kasubag program perangkat daerah lingkup Pemprov Sulawesi Tengah serta pejabat eselon 3 dan 4 lingkup BPPID. Guna mengikuti protokol kesehatan peserta dibatasi hanya 26 perangkat daerah. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas