Home Palu

Untad Lirik Potensi Sidat di Parimo

I Made Kornelius. (Foto: Istimewa)

Parimo, Metrosulawesi.id – Program Kampus Merdeka Universitas Tadulako (Untad) melirik potensi ikan Sidat di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Pihak Untad berencana akan mengembangkan hingga bisa dipasarkan.

“Pak Dr Fadli Tantu dari Untad, selaku ketua tim sudah melakukan identifikasi potensi perikanan Parigi Moutong untuk jenis Sidat,” kata Kabid Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Parimo, I Made Kornelius, melalui ponselnya, Rabu 9 Juni 2021.

Di Parimo kata Made, ada beberapa tempat yang memiliki potensi perikanan. Salah satunya di Desa Siavu Kecamatan Tinombo.

Made mengatakan, tim yang dipimpin Dr Fadli bersama masyarakat Desa Siavu sudah melakukan survei di Sungai Siavu. Dan ternyata benih Sidat di sungai itu.

Lewat program Kampus Merdeka itu, pihak Untad akan melakukan kajian terhadap potensi Sidat di Desa Siavu. Dan secara teknis masyarakat desa akan diajarkan/dilatih menangkap benih Sidat. Sekaligus akan diberikan pelatihan, tentang bagaimana membesarkan benih Sidat menjadi ukuran yang lebih besar, sehingga dapat memberikan nilai tambah. Setelah ukuran Sidat besar (Helver) kata dia, maka akan dipasarkan dan dijual keluar daerah.

“Diharapkan melalui program Kampus Merdeka ini, akan menghasilkan sebuah kajian yang nantinya dapat dijadikan acuan dalam menggali dan mengelola potensi Sidat di Parigi Moutong,” katanya.

Ia menambahkan, Pemda Parimo melalui DKP memberikan dukungan secara penuh terhadap program tersebut.

“Pak Bupati telah mengintruksikan kepada kami (DKP) dan Bappelitbangda untuk bersama-sama mendukung program pemberdayaan ini, dengan harapan potensi Sidat dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas