Home Sulteng

Ribuan Paspor CJH Sulteng Dikembalikan

H Arifin. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah, kini telah mengembalikan paspor para calon jemaah haji (CJH) yang tahun ini dan tahun sebelumnya, batal berangkat haji.

“Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021, salah satu hak calon jemaah haji adalah paspor. Maka dari itu paspor harus dikembalikan karena itu dokumen pribadi para jemaah haji,” kata Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kanwil Kemenag Sulteng, H. Arifin, saat dihubungi Metro Sulawesi, Rabu, 9 Juni 2021.

Arifin mengatakan, paspor para jemaah haji sewaktu-waktu dapat digunakan keluar negeri baik dalam bentuk umrah, haji, atau berwisata.

“Jadi pengembalian paspor jemaah haji sesuai amanah dari KMA Nomor 660,” ungkapnya.

Kata Arifin, di 2020 semua paspor jemaah haji telah dikembalikan, namun di 2021 setelah ada kepastian untuk persiapan keberangkatan Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulteng, mengumpulkan kembali untuk dipersiapkan. Namun karena tahun ini tidak jadi lagi berangkat, sehingga dikembalikan lagi semua paspor jemaah.

“Sesuai kuota yang sudah lunas itu ada 1.955, namun ada yang lebih dari situ sehingga yang sudah menyetor paspor sebanyak 2.000 lebih,” katanya.

Menurut Arifin, di 2022 paspor para jemaah haji akan diminta kembali, jika sudah ada kepastian keberangkatan dari pemerintah.

“Untuk paspor ini ada masa berlakunya, jika ada jemaah yang sudah berakhir masa berlakunya maka harus memperpanjang kembali masa berlakunya, dan setiap paspor itu masa berlakunya lima tahun,” ungkapnya.

Arifin mengimbau, kepada para calon jemaah haji yang tertunda berangkat tahun ini, agar tetap bersemangat dan menjaga kesehatannya.

“Insya allah di tahun depan CJH yang tertunda menjadi prioritas akan diberangkatkan, yang tidak kalah pentingnya juga terus belajar tentang manasik haji yang terbaik, memahami dan mengetahui alur perjalanan haji yang benar, sehingga nanti lebih mandiri melaksanakan ibadah haji di tahun depan,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas