Home Palu

Langgar Parkir, Kendaraan akan Ditempeli Stiker

PASANG STIKER - Personel Polisi Satuan Lalu lintas, saat memasang stiker tandal pelanggaran parkir ke salah satu mobil yang parkir sembarangan. (Foto: Dok. Dit Lantas Polda Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Personel Polisi Lalu Lintas dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulteng kini memiliki cara tersendiri untuk memberikan sanksi sosial kepada para pelanggar lalu lintas, yakni pemasangan stiker pelanggaran parkir di kendaraan yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas.

Direktur Lalulintas Polda Sulteng, Kombes Pol Kingkin Winisuda, SIK, kepada wartawan Metrosulawesi, Rabu, 9 Juni 2021, menjelaskan bahwa pemasangan stiker ini baru pertama kali diterapkan di kawasan tertib berlalu lintas.

“Penempelan stiker tersebut tujuannya untuk memberikan sanksi sosial. Dengan adanya stiker melanggar parkir, masyarakat akan segan dan malu saat melakukan pelanggaran,” jelasnya.

Kingkin juga mengatakan, dalam praktiknya, petugas akan menyasar kendaraan-kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas, utamanya parkir sembarangan dan ditinggal oleh pemilik. Kendaraan tersebut akan langsung ditempeli stiker oleh petugas.

“Stiker yang ditempel terbuat dari kertas dengan tulisan peringatan Dilarang Parkir di Bahu Jalan termasuk di jalan-jalan yang ada rambu Dilarang Parkir. Bila tetap parkir di badan jalan atau di rambu-rambu Dilarang Parkir, akan ditilang dan diderek mobilnya,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas