FOTO BERSAMA - Rektor Prof Mahfudz didampingi Warek Prof Amar foto bersama perwakilan Manajemen PT IMIP Achmanto Mendatu dan Chen Guo Hua usai pertemuan, Senin, 7 Juni 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) gencar menggandeng berbagai pihak untuk menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu yang digandeng yaitu PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang beroperasi di wilayah Morowali, Sulawesi Tengah.

Hal ini juga sebagai langkah menindaklanjuti kesepakatan yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MOU) antara Untad dengan PT IMIP. Atas dasar itu, Manajemen PT IMIP melakukan kunjungan ke Untad di Palu, pada Senin, 7 Juni 2021.

Kunjungan tersebut membahas terkait implementasi program MBKM, dimana salah satunya adalah program magang mahasiswa/dosen di industri. Managaemen PT IMIP yang diwakili oleh Achmanto Mendatu dan Chen Guo Hua diterima Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP didampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasam, Prof Dr Ir Amar ST MT.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Untad mengungkapkan program magang mahasiswa Untad ke PT IMIP ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik kepada mahasiswa itu sendiri maupun untuk PT IMIP.

“Seperti diketahui bahwa IMIP adalah perusahaan internasional yang ada di Sulawesi Tengah, olehnya itu, kami berharap anak-anak kami yang ada di Tadulako dapat memperoleh pengalaman yang berharga di dunia industri melalui program magang di PT IMIP,” kata Rektor.

Rektor mengharapkan tak hanya magang mahasiswa dalam kerjasama dengan PT IMIP, namun juga magang dosen maupun kegiatan dosen lainnya seperti penelitian.

“Kehadiran Untad di PT IMIP, selain untuk berpraktik, juga diharapkan dapat memberi sumbangsih, bila ada isu-isu strategis di PT IMIP, SDM kami siap memberikan kontribusi dalam penanganannya,” tandas Prof Mahfudz.

Achmanto Mendatu selaku HR Manager PT IMIP, menyatakan kesiapan pihaknya dalam program magang tersebut. Diharap mahasiswa Untad yang mengikuti program magang nantinya dapat membangun mentalitas industri dalam diri dan memetakan problem-problem yang ada.

“Kemudian menyelesaikannya dengan praktis sesuai dengan ilmu yang mereka miliki,” ucapnya.

Adapun program magang ini diharapkan akan mulai terealisasi pada bulan Agustus 2021. Selain melakukan pertemuan dengan Rektor, rencananya PT IMIP juga akan melakukan rekrutmen bagi alumni Untad pada Selasa, 8 Juni 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas