Home Palu

Satu-satunya SMK Swasta Terpilih Jadi SMK PK

Siti Rahma. (Foto: Istimewa)
  • SMK Muhammadiyah 1 Palu

Palu, Metrosulawesi.id – SMK Muhammadiyah 1 Palu terpilih sebagai satu-satunya SMK swasta di Sulteng yang menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK), yang merupakan program unggulan dari Kemendikbud RI yang dikeluarkan pada 2021 ini.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Palu, Siti Rahma mengaku sangat bersyukur karena melalui perjuangan yang cukup berat, akhirnya bisa terpilih menjadi SMK PK di Sulteng.

“Pencapaian ini kami tujukan kepada pemerintah Sulteng khususnya Disdikbud Sulteng yang telah banyak memberikan dukungan kepada kami. Selanjutnya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan kepada para guru, serta pihak-pihak lainnya yang telah bekerja keras dalam menyusun seluruh persyaratan untuk bisa lolos seleksi SMK PK,” ujar Siti, di Palu, belum lama ini.

Menurut Siti, program tersebut tidak mudah diraih, karena harus bisa menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan. Sekolahnya juga harus melaksanakan wawancara langsung dengan pihak Kemendikbud RI.

“Sebelumnya program SMK PK sudah menyasar sejumlah SMK di Sulteng. Pada tahap awal ada empat SMK di Sulteng terpilih, dan pada tahap II ini ada tiga SMK di Sulteng terpilih. Salah satunya SMK Muhammadiyah 1 Palu,” jelasnya.

“SMK Muhammmadiyah 1 Palu merupakan satu-satunya SMK Swasta di Sulteng yang terpilih, karena sebelumnya seluruh SMK yang terpilih merupakan SMK negeri,” katanya.

Siti mengatakan, SMK PK merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud RI pada 2021.

“Program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Tentunya, pencapaian tersebut harus diperkuat dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), plus hadirnya pemerintah daerah setempat beserta perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping,” ujarnya.

Selain itu, kata Siti, melalui program SMK PK ini juga diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja sekolah di sekitarnya agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri.

“SMK PK termasuk dalam salah satu program unggulan. Makanya kami berharap dengan adanya program ini bisa memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat bahwa SMK Muhamamdiyah 1 Palu merupakan salah satu sekolah unggulan yang ada di Sulteng, sehingga tidak rugi untuk bisa mendaftarkan anak mereka di sekolah ini untuk memberikan pendidikan skill dan akademiknya,” jelasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas