Home Hukum & Kriminal

Pembuat Upal Hasil Scan Printer Dibekuk

UPAL - Pelaku tindak pidana pembuat uang palsu saat diamankan di Polres Palu, bersama barang buktinya. (Foto: Ist)
  • Sudah Dibelanjakan di Beberapa Kios di Palu dan Sigi

Palu, Metrosulawesi.id – Tim Buser Satreskrim Polres Palu, Sabtu 5 Juni 2021, mengamankan pelaku tindak pidana pemalsuan uang (Upal), dengan pecahan Rp.100 Ribu, di Jalan Dr.Soetomo, Kelurahan Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal SIK, dalam keteranagan tertulisnya mengatakan pelaku yng berinisial AB (36), warga jalan Angkasa, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, ditangkap warga saat sedang membelanjakan Upal di salah satu warung yang ada di jalan Dr.Sutomo, Kota Palu.

“Kami menerima laporan dari warga, yang menyatakan bahwa warga telah mengamankan seorang pria, yang melakukan transaksi pembelian barang menggunakan uang palsu,” ungkapnya.

“Mendapatkan informasi tersebut tim langsung menuju lokasi dan melakukan pengamanan terhadap pelaku, dan kemudian pelaku langsung dibawa ke Mako Sat Reskrim Polres Palu untuk di lakukan pemeriksaan,” tambahnya.

Riza juga mengatakan, dari pengakuan pelaku, bahwa benar telah melakukan pembelian barang dengan menggunakan uang palsu, di beberapa kios yang ada di Kota Palu dan Kabupaten Sigi. Selain itu, pelaku juga mengaku telah melakukan pembuatan uang palsu dengan cara menscan menggunakan printer.

“Petugas langsung melakukan pemeriksaan di rumah pelaku, dan menemukan barang bukti berupa Satu Unit printer, 12 lembar uang palsu pecahan Rp.100 Ribu, pensil warna, lem pipa, satu kater, mistar, gunting, kertas HVS putih dan uang tunai asli Rp.82 ribu,” urainya.

“Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolres Palu, untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi – Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas