Home Sulteng

Pemagangan Kembali Dilaksanakan Disnakertrans

FOTO BERSAMA - Kepala Disnakertrans Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus, didampingi jajaran foto bersama peserta saat pembukaan pelatihan pemagangan dalam negeri di Kantor BLKPP Palu, Selasa, 8 Juni 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng kembali melaksanakan pemagangan dalam negeri program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja. Pembukaan pelatihan pemagangan dalam negeri berlangsung di Kantor Balai Latihan Kerja dan Peningkatan Produktivitas (BLKPP) Palu, Selasa, 8 Juni 2021.

Pembukaan dilakukan oleh Kepala Disnakertrans Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus, dihadiri pejabat eselon III dan IV lingkup Bidang Pembinaan, Pelatihan, Perluasan, Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja, tim Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan, dan perwakilan perusahaan.

Ketua Panitia, Suryani Yusuf, menerangkan pelatihan pemagangan dalam negeri akan dilaksanakan selama dua bulan dengan tahapan teori dan praktik di lembaga pelatihan kerja serta magang di perusahaan di Kota Palu.

“Kejuruan pemagangan yang dibuka menjahit, tata kecantikan, tehnisi AC, sepeda motor, dan design grafis,” terang Suryani.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus, mengungkapkan pihaknya akan menambah paket program pemagangan kerja dalam negeri untuk tahun 2022.

“Insyaallah, tahun depan untuk pemagangan dalam negeri kita tambah lagi paketnya,” ungkap Arnold, Selasa, 4 Mei 2021.

Dia mengatakan untuk program pemagangan kerja dalam negeri tahun ini sedang berlangsung sampai Juli mendatang. Total peserta pemagangan sebanyak 100 orang yang terbagi enam kejuruan dalam 10 paket di wilayah Kota Palu.

Rinciannya, kejuruan menjahit, otomotif, desain grafis, dan tata kecantikan, yang masing-masing dua paket berjumlah 20 orang per paket. Dua kejuruan sisanya yaitu akuntansi dan perhotelan masing-masing satu paket berjumlah 10 orang per paket.

Diketahui, saat ini juga masih berlangsung pemagangan kerja dalam negeri tahun 2021. Pembukaannya dilaksanakan secara offline diikuti perwakilan peserta pemagangan kerja dan sisanya mengikuti secara online via zoom meeting pada Selasa, 16 Maret.

Arnold menyebut pelaksanaan program pemagangan kerja dalam negeri tetap menerapkan ptokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“Disesuaikan protokol kesehatan dengan jaga jarak dan tidak terlalu banyak,” ungkap Arnold, Selasa, 23 Maret 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas