Home Sigi

Lahan KRS di Sidondo Segera Diukur

WAWANCARA - Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Sigi, H. Iskandar Nongtji saat diwawancara Metrosulawesi di ruang kerjanya, Selasa, 25 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi bersama Kantor Pertanahan Sigi akan melakukan pengukuran dan pematokan lahan untuk lokasi pembangunan Kebun Raya Sigi (KRS) di Desa Sidondo, Kecamatan Sigi Biromaru.

Pengukuran dan pematokan lahan KRS akan melibatkan pemilik atau ahli waris, kepala desa dan camat.

“Hasil pengukuran akan diserahkan pada tim appraisal untuk ditaksasi harga permeternya,” jelas Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sigi, Iskandar Nongtji usai rakor pengadaan tanah KRS, Senin, 7 Juni 2021.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil musyawah desa (Musdes) terdapat luasan lahan sekira 58 hektare. Lahan tersebut dianggap tidak bermasalah untuk digunakan bagi kebutuhan pembangunan KRS.

“Setelah dilakukan pemetaan terhadap dokumen kepemilikan tanah atau lahan yang dikumpul mencapai kurang lebih 30 dokumen tanah yang terdiri dari 13 sertifikat, hak mlik sisanya akte jual beli dan SKPT,” jelas Iskandar.

Lanjutnya, hasil pemetaan diatas kertas akan dilaporkan kepada Bupati, kemudian juga dibahas bersama dengan Kantor Pertanahan Sigi.

Hasil pertemuan dengan Kantor Pertanahan Sigi, akan ditindaklanjuti dengan pematokan di lokasi.

“Hasil pengukuran lahan nanti, selanjutnya diserahkan kepada tim penilai untuk ditaksasi harga permeternya,” tutupnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas