Home Ekonomi

DKP Sulteng: PAD Sudah Lampaui Target

Arif Latjuba. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulteng menunjukkan capaian kinerja terbaik. Hal ini dibuktikan dengan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dibebankan ke DKP tahun 2021 sudah melampau target.

“Alhamdulillah, PAD dari sektor perikanan dan kelautan sampai semester II sudah lebih dari target mencapai 153 persen,” ungkap Kepala DKP Provinsi Sulteng, Moh Arif Latjuba, di Palu, Selasa, 8 Juni 2021.

“Kami masih masing mengacu di Rancangan Rencana Strategis (Renstra) di tahun 2021 sebelum terjadi perubahan. Alhamdulillah, capaiannya cukup baik,” tambahnya.

Arif mengatakan, dalam tahun ini DKP diberi target PAD dari kelauatan dan perikanan sebesar Rp5,9 miliar. Dari target tersebut telah tercapai sebesar Rp9,180 miliar lebih atau 153 persen.

“Yang tercapai hingga bulan Mei sebesar Rp9,180 miliar lebih atau terjadi realisasi kurang lebih 153,34 persen, dua kali lipat. Insyaallah, bisa terus lagi karena masih ada dua bulan lagi, mungkin ada tambahan-tambahan lagi dari bidang-bidang, baik dari perizinan perikanan tangkap, mungkin juga di budidaya. Mudah-mudahan,” harapnya.

Hanya saja kata Arif, biasanya dengan posisi yang cukup baik itu, saat perubahan anggaran nantinya akan dilakukan penyesuaian target PAD untuk DKP. Penyesuian dimaksud dicontohkan dari Rp5 miliar menjadi Rp10 miliar menyesuaikan yang telah tercapai.

“Jadi misalnya dari Rp2,9 miliar mungkin dipasang patokan. Mungkin target sekitar Rp10 miliar lagi, karena ini saja kita sudah melakukan hampir Rp10 miliar,” tandas Arif.

Sebelumnya diberitakan, DKP Provinsi Sulteng siap menyukseskan program Gubernur terpilih Sulteng, Rusdi Mastura-Ma’mun Amir.

“Paling tidak penyiapan untuk 2021 sampai 2026 di RPJMD masa gubernur terpilih, kita sudah menyiapkan beberapa rangkaian baik itu inventarisasi masalah, kemudian kita juga sudah menyiapkan desain visi dan misi pembangunan Provinsi Sulteng 2021-2026,” ujar Arif, Jumat, 26 Maret 2021.

Kata Arif, visi misi gubernur terpilih, Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir, yakni bergerak cepat menuju Sulteng lebih sejahtera dan lebih maju akan difinalisasi di RPJMD setelah dilantik nanti.

Menurut dia, yang menjadi visi bapak Rusdi Mastura, tentunya dari konsep gambaran ada beberapa misi. Dari beberapa misi, terdapat tiga misi yang cantolannya ada di Dinas Kelautan dan Perikanan, yaitu misi dua, tiga dan enam.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas