Home Morowali Utara

Delis Pastikan Perbaikan Jalan di Lembo Raya

DISAMBUT ADAT - Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Febriyanti, dikalungkan sarung khas Maumere. (Foto: Istimewa)

Morut, Metrosulawesi.id – Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Desa Jamor Jaya, Kecamatan Lembo Raya, yang berlangsung Senin 7 Juni 2021, ditandai dengan penerimaan secara adat multietnis di desa itu.

Begitu tiba di lokasi, Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Febriyanti, dikalungkan sarung khas Maumere.

Selain itu ada Reog Ponorogo (Jawa), dan adat Mori. Semua tarian dan persembahan seni itu disajikan untuk menghormati adat-istiadat dan menyambut tamu penting.

Dalam sambutannya, Bupati Delis mengingatkan agar lomba desa atau yang populer saat ini disebut evaluasi perkembangan tingkat desa hendaknya mendapat manfaat dan dirasakan langsung masyarakat.

“Tujuan lomba desa ini adalah untuk membangun dan memotivasi masyarakat desa agar lebih berkembang,” ujarnya.

Ia juga menjawab langsung permohonan Kepala Desa Jamor Jaya, Weriyo Arjo, yang mengeluhkan jalan di desa itu yang belum pernah mendapatkan perbaikan.

“Tahun depan ada tiga jalan di Kecamatan Lembo Raya yang akan diaspal yakni jalan Desa Jamor Jaya, Bintangor dan jalan poros Lawangke ke Petumbea. Ini masuk program utama kami,” jelas bupati yang disambut tepuk tangan meriah.

Ia juga minta agar forum musrenbang semua kepala desa dan BPD benar-benar memperhatikan kepentingan yang mendesak di desanya.

Menurut bupati, ke depan tidak boleh terjadi lagi hasil Musrenbang tingkat desa tidak di dengar di tingkat atas.

“Apa yang diusulkan ditingkat desa, itulah yang harus dilaksanakan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Delis juga memberi sedikit bocoran tentang hasil perjalanan dinasnya baru-baru ini ke Jakarta.

Pekan lalu, bupati sempat menemui dua menteri yakni Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

“Pasti ada hasilnya. Tahun anggaran depan akan ada kucuran dana dari dua kementerian itu. Mudah-mudahan kementerian lain juga menyusul,” kata bupati, lagi-lagi disambut tepuk tangan hadirin.

Reporter: Alekson Waeo
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas