Home Sulteng

Informasi Publik Ditetapkan Akhir Juni

Farida Lamarauna. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Saat ini PPID Provinsi Sulawesi Tengah dalam hal ini Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik (Diskominfo) tengah menyusun daftar informasi publik yang diumumkan secara berkala, setiap saat dan serta merta yang didasarkan atas daftar informasi publik yang telah ditetapkan oleh masing-masing PPID yang ada di 41 Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Sulawesi Tengah.

“Harapan kami sudah ditetapkan (daftar informasi publik) akhir Juni 2021,” ucap Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng, Hj Farida Lamarauna, baru-baru ini.

Dia menjelaskan informasi publik merupakan informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara negara serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

“Sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 Pasal 1 dijelaskan bahwa badan publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah, atau organisasi nonpemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri,” tandas Farida.

Sebelumnya diberitakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulteng belum semua menyetor SK Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Daftar Informasi Publik (DIP) sampai Senin, 24 Mei 2021.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskomifo) Provinsi Sulteng, Hasim, mengungkapkan baru 18 OPD yang menyetor SK (surat keputusan) PPID dan DIP.

“Kami harap kepada PPID OPD untuk segera berkoordinasi dan berkonsultasi lebih lanjut sampai tanggal 28 Mei 2021,” ujarnya, Selasa, 25 Mei 2021.

Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mulyono, juga telah mengingatkan OPD agar segera menyetor daftar informasi publik tahun 2021 kepada Diskominfo Provinsi Sulteng selaku PPID Utama. Hal disampaikan menindaklanjuti surat Kepala Dinas KIPS Provinsi Sulteng tertanggal 15 Maret 2021, perihal jadwal fasilitasi penyusunan daftar informasi publik.

“Daftar informasi publik yang sudah ditetapkan disampaikan kepada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulteng paling lambat Jumat, 28 Mei 2021,” kata Mulyono melalui suratnya Nomor 485.3/1682/DKIPS yang diterima Metrosulawesi pada Kamis, 20 Mei 2021.

Dia mengungkapkan daftar informasi publik masing-masing perangkat daerah atau OPD akan menjadi bahan penyusunan daftar informasi publik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Diskominfo.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas