Home Palu

1.955 CJH Prioritas Berangkat Tahun 2022

H. Gasim Yamani. (Foto: Ist)
  • Gasim: CJH Dapat Tarik Setoran Lunas

Palu, Metrosulawesi.id – Calon Jemaah Haji (CJH) Provinsi Sulawesi Tengah yang berjumlah sebanyak 1.955 orang yang tahun ini tertunda keberangkatannya untuk menunaikan ibadah haji, di 2022 akan menjadi prioritas nomor satu untuk diberangkatkan.

Demikian dikatakan Plt Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, Dr. Gasim Yamani, saat dihubungi Metro Sulawesi, belum lama ini.

Selain itu kata Gasim, bagi CJH yang saat ini sudah ditetapkan untuk berangkat dan sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan.

“Jadi tidak ada batas waktu untuk menarik dana setoran lunas, bisa tarik hari ini, besok, atau minggu depan boleh, itu disilahkan,” ujar Gasim.

Gasim berharap, para calon jemaah haji agar menerima keputusan pemerintah, tidak memberangkatkan jemaah haji tahun ini. Hal itu disebabkan karena di tengah pandemi Covid-19 yang malanda dunia, kesehatan, dan keselamatan jiwa jemaah lebih utama dan harus dikedepankan.

“Menag telah menegaskan, bahwa saat ini masih pandemi dan demi keselamatan jemaah, pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jemaah haji Indonesia. Bahkan Menag juga telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2021,” ungkapnya.

Terkait daftar tunggu, kata Gasim, jika saat ini ada jemaah mendaftar itu menunggu 21 tahun ke depan, baru boleh berangkat. Sebab hari ini (kemarin-red) sudah mencapai 37 ribu lebih yang sedang mengantre.

“Semoga di 2022 nanti masa pandemi sudah berakhir, sehingga seluruh jemaah haji Indonesia khususnya Sulteng dapat kembali menunaikan ibadah haji dengan aman dan selamat,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas