Home Palu

Pelayanan Puskesmas Malam Ditiadakan

dr Husaema. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Akibat Refocusing Anggaran

Palu, Metrosulawesi.id – Pelayanan di sejumlah Puskesmas di Kota Palu saat ini tidak lagi hingga malam hari pada pukul 20.00 Wita. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Husaema, pengurangan jam pelayanan itu akibat terjadinya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Dana kita di kesehatan saat ini sudah ditarget 8 persen dari APBD harus direfocusing ke penanganan Covid. Olehnya itu setelah kita cari semua apa yang bisa diambil, tidak ada lagi dana yang bisa diambil, untuk itu untuk mencukupinya setengah uang dari jaga dokter itu kita ambil, dengan menyesuaikan hanya setengah saja waktu kerjanya,” jelas Husaema, melalui ponselnya, Minggu, 6 Juni 2021.

Husaema mengatakan, sebelumnya memang ada namanya program Puskesmas Nomoni, dimana program ini lebih menerapkan jam pelayanan yang prima, dengan tambahan waktu pelayanan pukul 16.00 hingga 20.00 wita.

“Namun saat ini pelayanan tambahan itu dikurangi dari pukul 16.00 hingga 18.00, ada pengurangan dua jam, sebab setengah uangnya diambil untuk penanganan Covid-19,” ujarnya.

Artinya, kata Husema, program Puskesmas Nomoni ini tetap berjalan hanya saja waktunya dikurangi, kemudian juga pelayanan tetap gratis dari pukul 16.00-18.00 wita.

Untuk soal vaksinasi, Husaema mengungkapkan, sesuai data di KPU jumlah pemilih di usia 18 hingga seterusnya itu sekitar 270 ribu, artinya target vaksinasi Kota Palu mencapai jumlah tersebut, sebanyak 270 ribu.

“Sementara jumlah orang divaksin di Palu sekarang masih 50 ribu. Artinya dibandingkan dengan jumlah yang harus divaksin dengan jumlah yang sudah divaksin, baru mencapai beberapa persen. Jika sudah mencapai 80 hingga 90 persen dari seluruh warga Kota Palu sudah tervaksin, baru kita bisa sedikit melonggarkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kata dia, selama vaksinasi belum mencapai 80-90 persen, maka protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas