Home Sulteng

BMA Bangun Harmonisasi Lintas Lembaga Adat

FOTO BERSAMA - Norma Mardjanu foto bersama peserta dalam suatu kegiatan advokasi adat, baru-baru ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Musyawarah Adat (BMA) sebagai wadah dewan adat se-Sulawesi Tengah. Dalam tugas dan fungsinya, BMA membangun harmonisasi lintas lembaga adat, melakukan pembinaan, dan melestarikan keanekaragaman budaya.

“Misi BMA terwujudnya harmonisasi dalam keberagaman budaya menuju ketahanan bangsa dan peradaban dunia,” ucap Pengurus BMA Provinsi Sulteng, Hj Siti Norma Mardjanu, Minggu, 6 Juni 2021.

Dia mengatakan BMA Provinsi Sulteng salah satu organisasi yang telah diakui oleh pemerintah. Di Sulteng, pengurus BMA dikukuhkan oleh Gubernur H Longki Djanggola pada 20 Desember 2019.

“BMA sebagai mitra kerja pemerintah dalam menjalankan tugasnya,” ujar mantan Staf Ahli Gubernur Sulteng itu.

Ada lima pilar utama yaitu pemeritah, masyarakat, dunia usaha, akademisi serta media cetak dan media elektronik yang selalu saling bersinergi dan saling mendukung dalam segala aktifitas BMA.

“Alhamdulillah, semua berjalan sebagaimana mestinya, mari kita semua cinta budaya kita. Kita lestarikan keanekaragaman budaya yang berbasis kearifan lokal, menuju masyarakat sejahtera dan peduli terhadap lingkungan,” tandas Norma.

Sebelumnya, Pengurus BMA Sulawesi Tengah bersilaturahmi ke Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (BPPID) Provinsi Sulteng, Adidjyo Dauda, Senin, 31 Mei 2021.

Pengurus BMA Sulteng, Hj Siti Norma Mardjanu, menerangkan pihaknya disambut baik oleh Adidjoyo karena ada keterkaitan program di bidang sosbud dengan organisasi yang membutuhkan harmonisasi, singkronisasi dan sinergitas dalam implementasi UU No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman budaya berbasis krarifan lokal daerah salah satu tusi BMA,” ucap Norma, Selasa, 1 Juni 2021.

Dia menambahkan BMA telah berperan aktif dalam berbagai bidang terutama terkait kebudayaan dengan tiga bina yaitu bina manusia, bina usaha dan bina lingkungan atau kepedulian sosial.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas