Home Poso

Bersih-bersih Sampah di Danau Poso

FOTO BERSAMA - Komunitas Saraya dibantu mahasiswa Unkrit dan STT Tentena bekerja bhakti dalam rangka menyambut hari Lingkungan Hidup, Sabtu 5 Juni 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Komunitas Saraya dibantu mahasiswa Unkrit dan STT Tentena bekerja bhakti dalam rangka menyambut hari Lingkungan Hidup, Sabtu 5 Juni 2021.

Bersih-bersih lingkungan itu dilakukan di sejumlah titik, antara lain sekitar Danau Poso, dan lapangan Puselemba. Ikut aksi bersih-bersih itu, Ranner Up Putera Lingkungan Hidup Sulteng Mario Talingkau serta pemerhati lingkungan hidup Miss Lini Sigilipu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Poso Ir Murniati Putosi mengatakan, hari lingkungan hidup tahun ini mangkampanyekan gerakan “Bersih Lingkungan, Bersih Untuk Kesehatan Kita Semua”. Kampanye sekaligus aksi sosial lingkungan ini berupa pembersihan lingkungan dari sampah plastik.

“Mengubah atau menghilangkan salah satu kumpulan dari jaringan keanekaragaman hayati, akan menyebabkan seluruh sistem berubah dan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia,” tandas Murniati.

Murniati mengatakan, sejalan dengan hari lingkungan hidup sedunia, maka menjaga keanekaragaman hayati merupakan pondasi pendukung seluruh aspek kehidupan manusia, mulai dari aspek kesehatan, menyediakan udara dan air bersih, makanan serta obat-obatan dan mitigasi perubahan iklim.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini dilakukan di tengan pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Membiasakan diri dengan cara hidup sehat menjadi keharusan, maka peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang berlangsung saat ini, kami tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid 19,” imbuhnya.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas