Home Poso

Menanti Presiden Kunjungan ke Poso

MENANTI PRESIDEN - Dua tokoh agama asal Poso, Ustaz Adnan Arsal (kiri) dan Pendeta Damanik (kanan) sebagai dua sosok yang getol berupaya penuh mendamaikan situasi Poso pascainsiden kekerasan oleh gerombolan MIT kepada masyarakat. (Foto: Metrosulawesi/ Faiz)

Palu, Metrosulawesi.id – Masyarakat Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah mendambakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk menyikapi berbagai persoalan di wilayah Poso.

Seperti yang diungkapkan tokoh Agama Islam asal Kabupaten Poso, Ustaz Adnan Arsal, bahwasanya masyarakat sangat menantikan kehadiran langsung Presiden Jokowi di Bumi Sintuvu Maroso, khususnya demi meningkatkan bidang keamanan dan kesejahteraan bagi warganya.

“Sampai dengan saat ini kami dari tokoh lintas agama bersama masyarakat Poso menyampaikan bahwa masyarakat Poso berkeinginan agar supaya Poso ditangani secara khusus,” lugas Adnan saat jumpa pers di lobi DPRD Sulteng, Rabu sore, 2 Juni 2021.

Permohonan itu disampaikannya dengan langkah mengusulkan membuat suatu Inpres (instruksi presiden) atau Perpres (peraturan presiden) tentang penanganan khusus di bawah kendali langsung presiden di bidang kesejahteraan dan keamanan.

“Supaya bapak presiden Jokowi, semua menteri dan lembaga serta badan usaha milik negara harus berpartisipasi di Poso untuk melindungi masyarakat dan memberikan kesejahteraan masyarakat Poso,” tandasnya.

Sementara itu tokoh agama Nasrani di Poso, Pendeta Damanik menerangkan, pelaku kekerasan seperti yang dilakukan gerombolan MIT adalah musuh besar bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Poso.

Pernyataan dari hasil kesepakatan yang telah lama terjalin itu, sangat diharapkan Damanik agar hingga di tingkat Presiden Jokowi bisa menyalurkan dampak kesejahteraan dan keamanan nyata bagi masyarakat Poso.

“Kami sangat mendukung upaya TNI/Polri saat ini, utamanya Satgas Madago Raya dalam upaya memberantas kelompok dengan perilaku biadabnya itu,” pungkasnya.

“Jadi sekali lagi sinergitas antar TNI/Polri , Pemda, Legislatif seluruh tokoh agama hingga masyarakat itu menjadi yang paling utama,” ujarnya.

Reporter: Faiz
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas