Home Palu

Polres Palu Laksanakan Vaksinasi Covid Sepekan

SIAPKAN VAKSIN - Salah seorang tenaga vaksinator saat mempersiapkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac saat pelaksanaan vaksinasi di lingkungan Polres Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • Siapkan 20 Ribu Dosis di Lima Titik

Palu, Metrosulawesi.id – Polres Palu bekerjasama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Sulteng, dan Dinas Kesehatan Kota Palu, mulai hari ini Jumat 4 Mei 2021 akan melaksanakan vaksinasi massal bagi warga Kota Palu.

Pelaksanaan vaksinasi gratis tersebut akan dilaksanakan di lima titik.

“Lima titik gerai vaksin itu berada di Taman GOR (depan Kantor NasDem), Baruga Polsek Palu Timur, Aula Polsek Palu Selatan, Aula Polsek Palu Barat, dan untuk wilayah Palu Utara akan dilaksanakan di depan Alfa Midi Polsek Palu Utara,” kata Wakapolres Palu Kompol Margiyanta, kepada Metrosulawesi, Kamis 3 Juni 2018.

Margiyanta mengatakan, pelaksanaan vaksinasi akan berlangsung selama sepekan atau tujuh hari kedepan kecuali hari libur, dan waktunya dimulai pada pukul 08.00 hingga 12.00 Wita.

Untuk mendapatkan layanan vaksin cukup membawa Kartu Tanda Penduduk. Dan sebelum divaksin, calon penerima vaksin harus lebih dulu sarapan pagi. Dan yang terakhir, harus mematuhi protokol kesehatan (prokes).
Program vaksinasi gratis melibatkan sebanyak 25 tenaga kesehatan, dan menyiapkan sebanyak 20.000 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan vaksinasi tersebut, dengan membawa orang tua (lansia), serta mengajak keluarga dan tetangga untuk menerima vaksin Covid-19,” imbaunya.

“Untuk Indonesia sehat dan bebas Covid-19. Dengan vaksin, mempermudah dan memperlancar ruang gerak kita dan urusan kita,” tutupnya.

Sementara itu, hingga akhir Mei 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng mencatat baru 99.201 orang yang berada di 13 kabupaten dan satu kota di provinsi itu telah menerima suntikan vaksin Covid-19.

“Dari jumlah itu, terdiri atas 25.106 orang tenaga kesehatan (nakes), 65.974 orang yang bekerja pada sektor pelayanan publik dan 8.121 orang yang berusia lanjut. Mereka telah menerima vaksin dosis pertama,” kata Kepala Dinkes Sulteng dr. I Komang Adi Sujendra saat menyampaikan data capaian vaksinasi Covid-19 di Sulteng oleh Dinkes Sulteng di Kota Palu, pekan lalu.

Ia merinci, dari 25.106 tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin tersebut, 23.546 di antaranya telah menerima vaksin dosis kedua.

Kemudian dari 65.974 orang yang bekerja di sektor pelayanan publik yang telah menerima vaksin, 45.833 orang telah menerima vaksin dosis kedua.

“Selanjutnya dari 8.121 orang yang berusia lanjut yang telah menerima vaksin, 4.953 orang di antaranya telah menerima vaksin dosis kedua,” ujarnya.

Sehingga secara keseluruhan, lanjutnya, dari 99.201 orang yang telah menerima vaksin, 74.332 orang di antaranya telah menerima vaksin dosis kedua.

Komang menambahkan Dinkes Sulteng telah mendistribusikan 257.460 dosis vaksin COVID-19 ke seluruh daerah yang terdiri atas 255.560 dosis vaksin Sinovac dan 1.900 dosis vaksin Astra Zeneca. (edy/ant)

Ayo tulis komentar cerdas