Home Sulteng

Pendaftar Calon Komisioner KI Sudah Empat Orang

Mulyono. (Foto: Istimewa)
  • Ingin Daftar, Ini Persyaratannya

Palu, Metrosulawesi.id – Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tengah mengeluarkan persyaratan bagi peminat calon komisioner KI Sulteng Periode 2021-2025. Ketua Tim Seleksi, Mulyono, menerangkan persyaratan tersebut dikeluarkan berdasarkan surat Nomor: 005/399/DKIPS tertanggal 31 Mei 2021. Surat ini sekaligus pengumuman tanda dibukanya pendaftaran calon Komisioner KI Sulteng.

“Dalam rangka melaksanakan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Pasal 30 ayat (2) yaitu Rekrutmen calon anggota Komisi Informasi dilaksanakan oleh pemerintah secara terbuka, jujur dan obyektif, maka Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah membuka pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah periode 2021-2025,” ujar Mulyono, yang juga selaku Pj Sekdaprov Sulteng.

Adapun persyaratan menjadi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Pasal 30 ayat (1) tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yaitu untuk persyaratan umum (Pasal 30 UU No.14/2008 tentang KIP) sebagai berikut:

Warga Negara Indonesia, memiliki integritas dan berkelakuan tidak tercela, tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman pidana lima tahun atau lebih, memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang keterbukaan informasi publik sebagai bagian dari hak asasi manusia dan kebijakan publik.

Memiliki pengalaman dalam aktivitas badan publik, bersedia melepaskan keanggotaan dan jabatannya dalam badan publik apabila diangkat menjadi anggota KI, bersedia bekerja penuh waktu, berusia paling rendah 35 tahun, serta sehat jiwa dan raga.

Persyaratan khusus yang wajib dipenuhi calon peserta untuk kelengkapan administrasi yakni surat pendaftaran yang ditandatangani (sesuai format), daftar riwayat hidup (sesuai format), foto bewarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak empat lembar, fotokopi/salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Resort (Polres) setempat yang masih berlaku. Asli Surat keterangan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah. Asli Surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari keanggotaan dan jabatan pada Badan Publik apabila diangkat menjadi Anggota Komisi Informasi yang ditandatangani di atas materai (sesuai format).

Asli Surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu yang ditandatangani di atas materai (sesuai format). Asli Pakta Integritas yang menyatakan komitmen melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang KIP serta peraturan pelaksanaannya dan bersedia mengundurkan diri apabila terbukti tidak mampu melaksanakan tugas dan wewenang sebagaimana diatur dalam undang-undang, jika terpilih sebagai Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah periode 2021-2025, yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas materai (sesuai format).

Persyaratan khsusus berikutnya asli surat rekomendasi menyatakan bahwa yang bersangkutan memiliki kualitas dan kredibilitas, minimal dari dua tokoh masyarakat/organisasi. Asli Surat keterangan pernah memimpin atau mengurus pada badan publik, organisasi kemasyarakatan dan/atau lembaga formal lainnya minimal tiga tahun yang ditandatangani pejabat dan stempel instansi/lembaga terkait.

Asli surat keterangan tidak pernah atau tidak menjadi anggota atau pengurus Partai Politik dalam 1 (satu) tahun terakhir yang ditandatangani serendah-rendahnya Pejabat Pimpinan Tinggi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah setempat.

Asli surat pernyataan tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik dalam satu tahun terakhir yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas materai (sesuai format). Fotocopy Ijazah terakhir minimal sarjana strata 1 (S1) atau yang setara dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang program studinya terakreditasi, atau lulusan perguruan tinggi luar negeri yang ijazahnya telah mendapatkan penetapan penyertaan dari panitia penilai ijazah luar negeri dari Kemenristekdikti.

Khusus untuk Pelamar berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) melampirkan fotokopi SK pangkat terakhir. Serendah-rendahnya berpangkat Pembina golongan ruang IV/a dan pernah menduduki jabatan struktural administrator, fungsional ahli madya. Khusus untuk fungsional dosen serendah-rendahnya berjenjang Lektor Kepala atau yang disetarakan.

Asli Surat Persetujuan Atasan Langsung yang ditandatangani dan distempel dinas (sesuai format). Asli Surat Keterangan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dari pejabat yang berwenang (sesuai format). Bersedia cuti diluar tanggungan negara jika terpilih.

Mulyono melanjutkan formulir kelengkapan administrasi persyaratan calon anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah Jalan R.A Kartini No. 106 Palu atau melalui website https://diskominfo.sultengprov.go.id/.

“Dokumen pendaftaran dapat diantar langsung dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 atau dikirim melalui jasa pengiriman ke Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi di Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi, Jalan R.A Kartini No. 106 Palu-Sulawesi Tengah,” ungkap Mulyono.

Waktu penerimaan dokumen pendaftaran mulai tanggal 4 Juni 2021 s/d 18 Juni 2021 setiap hari dan jam kerja. Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan dalam tiga tahap dengan sistem gugur.

Untuk jadwal seleksi yaitu tahap seleksi administrasi diumumkan tanggal 25 Juni 2021. Tahap Tes Potensi dilaksanakan tanggal 29 Juni 2021. Psikotes dan Dinamika Kelompok dilaksanakan tanggal, 27 Juli 2021. Tahap wawancara dilaksanakan tanggal, 3 Agustus 2021.

Kepastian waktu dan tempat pelaksanaan seleksi akan diberitahukan kemudian. Selanjutnya berkas persyaratan disampaikan dalam rangkap dua (asli dan fotokopi) masing-masing menggunakan map snelhecter plastik.

“Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya,” tandas Mulyono.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi, Hj Farida Lamarauna, melaporkan sudah ada empat orang pendaftar calon komisioner KI Sulteng pasca diumumkannya pembukaan seleksi. Pendaftar tersebut dua orang diantaranya anggota KI Sulteng periode saat ini. Sementara dua orang lainnya dari masyarakat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas