Home Palu

Pendaftaran CPNS-PPPK Masih Ditunda

Supardi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palu, Supardi, mengungkapkan pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun anggaran 2021 masih ditunda.

“Tanggal 31 Mei harusnya sudah dibuka pendaftaran melalui sscn, tapi sepertinya belum jadi. Panselnas Jakarta yang tentukan,” ungkap Supardi kepada Metrosulawesi, Rabu, 2 Mei 2021.

Menurutnya, penundaan pembukaan pendaftaran CPNS-PPPK disebabkan masih adanya formasi yang belum final. Penetapan formasi melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI.

“Sampai saat ini belum ada informasi lanjutan ke kami. Yang jelas tanggal 31 disampaikan tidak mungkin terbuka (pendaftaran). Kita masih menunggu,” tandas Supardi.

Diketahui, jadwal yang telah beredar luas di masyarakat pembukaan pendaftaran CPNS-PPPK seyogianya dimulai 31 Mei 2021. Jadwal dikeluarkan oleh pemerintah pusat melalui Kemenpan-RB RI. Sebelumnya dijadwalkan pengumuman seleksi 30 Mei, esoknya pada 31 Mei sampai 21 Juni, mulai pendaftaran seleksi secara online.

Untuk pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT (Computer Assisted Test) CPNS dijadwalkan Juli sampai September 2021. Sementara SKD CAT PPPK Non Guru akan dilaksanakan setelah SKD CPNS.

Seleksi kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud) dijadwalkan tiga tes pada Agustus, Oktober, dan Desember. Adapun untuk pelaksanaan SKB CPNS bagi peserta SKD yang lolos dijadwalkan September sampai Oktober 2021.

Pengumuman akhir dan masa sanggah pada November 2021. Setelahnya penetapan NIP CPNS dan Nomor Induk PPPK pada Desember 2021. Sebagaimana diberitakan BKN Palu telah menerima jadwal pelaksanaan rekrutmen CPNS dan PPKK tahun anggaran 2021.

Pelaksanaan rekrutmen sesuai Keputusan Nomor Menpan-RB Nomor 302 tahun 2021 terkait kebutuhan pegawai aparatur negara. Menpan-RB memberikan jatah rekrutmen CPNS dan PPKK untuk pemerintah pusat dan daerah dengan total formasi 1.275.387.

Total untuk pemerintah pusat sebanyak 83.669 formasi dengan rincian CPNS 57.547 formasi dan PPPK 26.122. Sedangkan untuk pemerintah daerah sebanyak 1.191.718 formasi dengan rincian CPNS 119.094 formasi dan PPPK 1.072.624 formasi.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas