TAMAN BERMAIN - Tampak “Tabe” atau taman bermain anak di salah satu ruangan Kanim Palu, yang dibuka sejak April. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Palu terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu yang terbaru, Kanim Palu kini menyiapkan area bermain anak (playground) bernama “Tabe”. Tabe dimaksud akronim taman bermain yang terinspirasi dari bahasa lokal.

“Sebagai bentuk komitmen kami untuk terus memberikan pelayan Prima kepada Masyarakat, di ruang pelayanan kami tersedia area bermain anak (playground) bernama Tabe. Terinspirasi dari bahasa kaili, Tabe adalah sapaan halus dan penuh penghormataan masyarakat kaili untuk miminta sesuatu/sapaan permisi,” ucap Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Palu, Danil Rachman, Selasa, 1 Juni 2021.

Danil mengatakan Tabe tersebut telah dibuka sejak minggu ke dua bulan April. Tabe tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemohon paspor yang membawa anak agar anak lebih merasa nyaman.

“Tersedianya ruang bermain anak merupakan bentuk komitmen kami untuk menjadi institusi pelayanan publik yang ramah anak,” tandas Danil.

Diketahui, yang terkait bahasa lokal, Kanim Palu juga kini mengsung tagline #SigaMerah. Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Palu, Danil Rachman, menjelaskan #SigaMerah merupakan akronim dari “Siap Siaga Melayani dengan Ramah”.

“Tagline terbaru Kantor Imigrasi Palu menggunakan budaya lokal yaitu siga yang merupakan tutup kepala khas daerah Sulteng sebagai tagline kami terkait dengan tugas dan fungsi imigrasi yang selalu siaga dan melayani masyarakat dengan ramah,” ucap Danil kepada Metrosulawesi, Rabu, 21 April 2021.

Dia menyebut penggunaan tagline #SigaMerah juga sebagai upaya Kanim Palu mewujudkan predikat menuju Wilah Bebas dari Korupsi (WBK) dalam tahun ini. WBK ini menjadi salah fokus Kanim Palu.

Kanim Palu sendiri melakukan evaluasi bersama Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM terkait pembangunan Zona Integritas menuju WBK tahun 2021 di Palu, Selasa 20 April.

Evaluasi dilakukan bersama Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM terkait pembangunan Zona Integritas menuju WBK. Kepala Kanim Palu, Dewanto Wisnu Raharjo, menyampaikan pemaparan didampingi tim Pokja. Apresiasi positif diberikan tim penilai, khususnya atas akselerasi pembangunan zona integritas yang sudah ditunjukkan Kantor Imigrasi Palu sampai saat ini.

“Di tengah keterbatasan kantor sementara pasca gempa bumi dan tsunami tahun 2018, Imigrasi Palu terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” pungkas Dewanto.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas