Home Poso

Poso Akan Dapat 20 Nakes dari TNS

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, dr Taufan Karwur. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) di daerah, Kementerian Kesehatan RI kembali mengirim tim Nusantara Sehat ke Kabupaten Poso.

Tenaga Kesehatan Tim Nusantara Sehat (TNS) yang akan tiba pekan depan akan diterima langsung Bupati Poso dr Verna Inkiriwang, demikian penegasan Kepala Dinas Kesehatan Poso dr Taufan Karwur, kepada wartawan Sabtu 29 Mei 2021.

Dikatakan dr Taufan Karwur, kedatangan Nakes Nusantara Sehat di Poso yakni sebanyak 20 orang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, bidan serta perawat.

“Mereka nantinya akan mengisi Puskesmas di daerah perbatasan atau terpencil sesuai kriteria dari program ini, khusus Kabupaten Poso para Nakes Nusantara Sehat akan bertugas di tiga kecamatan dalam hal ini Puskesmas yakni, Doda, Watutau serta Puskesmas Wuasa, mereka akan bertugas selama dua tahun sesuai masa kontrak kerja,” ujarnya.

Ditambah dr Taufan Karwur, Kabupaten Poso sudah kempat kalinya kedatangan Nakes Nusantara Sehat yang mana sebelumnya sejak 2018 lalu juga Kementerian Kesehatan sesuai MOU yang pernah diteken, dimana Kabupaten Poso salah satu daerah di Sulawesi Tengah yang didatangi Tim Nakes Nusantara Sehat.

“Masyarakat begitu antusias saat mendengar pekan depan tim kesehatan sudah bekerja, harapan tentunya dari Pemerintah Kabupaten agar memanfaatkan momentum ini. Apalagi bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil, karena kalau kita sehat, maka aktivitas tetap berlangsung,” tegas Taufan.

Mantan Kepala Puskesmas Tagolu dan Direktur RSUD Poso ini kembali menegaskan terkait Tim Nusantara Sehat yang datang kali ini berjumlah 20 orang, mereka dari disiplin ilmu kesehatan yang berbeda. mulai dari tenaga kesehatan masyarakat, bidan. Gizi Farmasi, dan Ahli Teknologi Laboratorium Medik termasuk dokter umum dan dokter gigi.

Dengan kehadiran tim Nusantara Sehat tersebut, dirinya berharap bisa membantu berbagai pelaksanaan program di Dinas Kesehatan, terutama PIS PK.

“Jadi mereka juga bisa menutupi kekurangan tenaga kesehatan kita yang ada di daerah, khususnya di Puskesmas – Puskemas,” tuntasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Poso Yan Guluda SH MH terkait kedatangan Nakes Nusantara Sehat mengungkapkan rasa bahagianya daerah Poso kembali mendapatkan program dari Kementerian Kesehatan.

“Kami bersyukur dengan adanya Nusantara Sehat ini, bisa membantu dalam mencapai peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Poso. Apalagi saat ini kita masih terus melawan wabah Covid 19 yang belum usai,” ucap Yan Guluda.

Kepada tim Nusantara Sehat tersebut, Yan berpesan agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, baik dengan tenaga kesehatan di Puskesmas maupun masyarakat sekitar.

“Kami berharap tenaga kesehatan Nusantara Sehat semuanya ini bisa membawa pembaharuan bagi daerah dimana mereka ditugaskan,” pungkasnya.

Reporter: Saiful Sulayapi

Ayo tulis komentar cerdas