Home Sulteng

Persiapan Haji Tetap Dilaksanakan

Lutfi Yunus. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Hampir Semua CJH di Sulteng Telah Divaksin

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulteng, H. Lutfi Yunus mengungkapkan, persiapan untuk keberangkatan jemaah haji hingga tetap dilakukan, salah satunya melaksanakan vaksinasi terhadap para jemaah calon haji yang tahun ini akan diberangkatkan.

“Rata-rata hampir semua calon jemaah haji (CJH) di Sulteng mengikuti vaksinasi, untuk data masih sementara berproses. Yang jelas hampir semua telah menerima vaksinasi baik tahap pertama maupun kedua,” kata Lutfi, saat dihubungi Metro Sulawesi, belum lama ini.

Lutfi mengatakan, pada dasarnya, pemerintah Indonesia siap memberangkatkan calon jemaah haji, hanya saja sampai saat ini belum ada penetapan dari pemerintah Arab Saudi terkait kepastian pemberangkatan.

“Kami belum tahu seperti apa kebijakan Arab Saudi menerima para jemaah untuk menunaikan ibadah haji, apakah 50 persen saja diterima, atau 30, 10, bahkan 5 persen, hingga saat ini belum ada informasinya,” jelasnya.

Selain itu kata Lutfi, bidang haji Kemenag Sulteng saat ini juga sedang melakukan scanner atau pemindaian paspor jemaah haji. Sebab semua paspor dari kabupaten/kota setelah dikembalikan pada 2020 lalu, saat ini semua paspor sudah berada di Kanwil untuk di scanner.

“Kami selalu mengimbau kepada calon jemaah haji agar tetap mempermantap manasik, kami juga telah menindaklanjuti hasil bahtsul masail tentang persiapan haji, dan kita sudah sosialisasikan di Parimo terkait bahtsul masail tetang pelaksanaan haji di masa pandemi,” katanya.

Menurut Lutfi, bahtsul masail ini merupakan suatu kegiatan untuk memecahkan masalah-masalah, dan akan dicarikan solusinya, itu diputuskan oleh para ahli fiqih serta melibatkan ormas-ormas Islam.

“Jadi ada tinjauan fiqih haji di dalamnya”.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas