PENGARAHAN - Kepala BKN Palu, Supardi (kanan) saat mendampingi pengarahan kepada peserta seleksi kompetensi dasar sekolah kedinasan Poltekip dan Poltekim di Palu, pada 2020. (Foto: Istimewa)
  • BKN: Harus Hadir 90 Menit Sebelum Ujian

Palu, Metrosulawesi.id – UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palu ikut menyelenggarakan tes sekolah kedinasan (sekdin) lembaga vertikal/kementerian dengan sistem CAT (computer assisted tes). Kepala UPT BKN Palu, Supardi, mengungkapkan tes berlangsung selama sembilan hari mulai 1 sampai 9 Juni 2021.

“Total peserta selama sembilan hari sebanyak 1.125 orang,” ungkap Supardi kepada Metrosulawesi, Minggu, 30 Mei 2021.

Dia merincikan 1.125 peserta merupakan pendaftar BPS (STIS) sebanyak 186 orang, Poltekip (Kemenkumham) sebanyak 74 orang, IPDN (Kemendagri) sebanyak 574 orang, dan Kemenhub sebanyak 291 orang.

“Perlu diingat kembali peserta sudah harus hadir dilokasi 90 menit sebelum jadwal sesi ujian yang ditentukan sesuai dengan Surat Edaran BKN untuk pelaksanaan CAT pada masa Covid-19,” ucap Supardi.

“Jangan sampai telat, datang sesuai ketentuan untuk menghindari kerumuman dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Supardi menambahkan dalam sehari tes CAT berlangsung tiga sesi, kecuali Jumat hanya dua sesi.

Sebelumnya Supardi menyebut pelaksanaan ujian CAT ikatan dinas akan berlangsung pada akhir Mei 2021. Pelaksanaan ujian dipusatkan di Kantor BKN Donggala di Palu Jalan Bantilan Nomor 20 Kecmatan Palu Barat, Kota Palu.

“Pendaftaran ikatan dinas sudah berjalan, rencana tesnya mulai tanggal 24 Mei 2021,” ungkap Supardi, Kamis, 15 April 2021.

Saat itu dia menuturkan belum menerima jadwal resmi untuk ujian dinas sehingga tidak mengetahui durasi pelaksanaannya. Namun dipastikan penentuannya berdasarkan jumlah pendaftar ujian ikatan dinas.

“Jumlah pendaftar nanti yang menentukan berapa lama diadakan tes di Palu. Nanti tinggal dilihat pendaftarnya baru dibagi dengan berapa komputer dipakai dalam sehari. Sehari hanya bisa 150 peserta,” ujar Supardi.

Supardi menambahkan ada sejumlah kementerian/lembaga yang membuka seleksi ikatan dinas diantaranya Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, dan Badan Pusat Statistik.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas