Home Internasional

SDN Poboya Ikut Berdonasi untuk Palestina

FOTO BERSAMA - Kepala SDN Poboya, Dadang, saat foto bersama dengan para guru usai mengirim dana melalui Laznas Dewan Da’wah, Kamis, 27 Mei 2021. (Foto: Istimewa)
  • Penggalangan Dana Dilakukan Secara Online

Palu, Metrosulawesi.id – Sejumlah siswa, guru, dan orang tua murid SD Negeri Poboya beserta Majelis Al Jumu’ah ikut berdonasi untuk membantu warga Palestina yang terkena dampak peperangan melawan Israel.

“Donasi itu atas inisiatif saya sendiri selaku Kepala SDN Poboya, dan alhamdulillah donasi untuk Palestina terkumpul sebanyak Rp3,2 juta. Dan bantuan itu kami langsung kirim melalui Lembaga Zakat Nasional (Laznas) Dewan Da’wah sebagai tempat pendistribusian bantuan ke Palestina sehingga tepat sasaran,” kata Kepala SDN Poboya, Dadang, melalui ponselnya, Kamis, 27 Mei 2021.

Dadang mengaku, pengumpulan donasi itu dilakukannya secara online dengan tujuan agar tidak terjadi pengumpulan dana di suatu tempat, sebab saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Jika saya melakukan donasi di pinggir jalan layaknya yang biasa dilakukan oleh para penggalang peduli saya masih takut untuk menurunkan anak-anak ke jalan dengan meminta donasi, sebab saat ini masih masa pandemi, semua aktivitas terbatas dilakukan. Olehnya itu saya berinisiatif mengumpulkan secara online,” ujarnya.

Kata Dadang, pihaknya sangat bersyukur bahwa masih ada rasa kepedulian sesama umat Islam khususnya di lingkungan sekolah, sebagai aksi sosial untuk warga Palestina yang terdampak akibat peperangan dengan Israel.

“Meskipun dana yang terkumpul tidak cukup banyak, namun paling tidak kami dari SDN Poboya dan Majelis Al Jumu’ah ikut serta membantu meringankan beban warga Palestina yang saat ini membutuhkan uluran tangan kita. Semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi mereka,” katanya.

Dadang mengatakan, Laznas Dewan Da’wah ini merupakan lembaga yang memang khusus untuk mengirim donasi atau bantuan-bantuan, baik untuk lingkup nasional maupun internasional. Saat ini bantuan difokuskan untuk membantu saudara-saudara di Palestina.

“Dalam kegiatan penggalangan dana untuk Palestina tidak ada paksaan. Jadi saya hanya mengajak kepada warga sekolah dan majelis untuk mengumpulkan sumbangan tanpa ada paksaan sedikitpun. Bagi yang memiliki kelebihan rezeki, maka silahkan berdonasi. Alhamdulillah saat terkumpul cukup lumayan untuk membantu saudara kita yang ada di Palestina,” ungkapnya.

Dadang berharap, donasi yang diberikannya dapat membantu meringankan beban warga Palestina yang saat ini cukup terdampak akibat serangan yang dilakukan oleh Israel.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas