Home Palu

Pemkot Palu Dinilai tak Serius Tangani Huntap

Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo. (Foto: Metrosulawesi/ Faiz)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia, John Wempi Wetipo meminta agar Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah bersikap lebih peduli dalam penanganan masa rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) pascabencana Padagimo 28 September 2018.

Sikap tegas itu ditunjukkan Wempi ketika memimpin Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Sulawesi Tengah, Kamis, 27 Mei 2021.

“Saya ingin mereka (Pemkot Palu) care (peduli) dan harus serius! Kalau tidak peduli dan tidak serius, sampai kapan pun tidak akan pernah selesai!” Wempi menegaskan dihadapan jurnalis, usai memimpin rakorsus di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng.

Singgungan itu diutarakan Wempi ketika ia didampingi Sekretaris Provinsi Sulteng Mulyono, Kepala Satuan Tugas bidang Infrastruktur Kementerian PUPR, Ari Sutiadi serta pejabat penting lainnya, menyimak laporan yang dipaparkan pimpinan daerah Sigi, Donggala, termasuk pihak Pemkot Palu di penghujung rakorsus.

Bahkan dari pantauan langsung media ini di ruang Polibu kantor Gubernur Sulteng, Wali Kota Hadianto Rasyid tak kembali mengikuti rakorsus usai waktu isoma berakhir. Hadi terlihat hadir hanya saat mulainya rakorsus hingga memasuki waktu isoma.

Hal ini patut diduga memicu penilaian Wamen Wempi yang menganggap Pemkot Palu tak serius menangani masa rehab rekon pascabencana 28 September 2018.

“Kita kalau mengemban tanggung jawab ya mari kita bareng-bareng kerja, kita gotong royong tuntaskan (tugas) ini kepada masyarakat.” Lugas Wempi.

Sebelumnya, pihak Kementerian PUPR pun mengungkapkan telah mengerjakan tugas rehab rekon seperti membangun hunian tetap (huntap) di wilayah Kota Palu serta Kabupaten Sigi dan Donggala.

Hasil rakorsus juga menemukan akar permasalahan lambannya progres rehab rekon pascabencana di Kota Palu, ada di titik clearing atau pembebasan lahan huntap penyintas yang urung tuntas.

“Saya berharap dengan Wali Kota Palu yang baru, progres kita mau jalan tapi kita juga berharap dukungan dari mereka. Kita ada anggaran tapi tidak bisa jalan karena masih harus dapat dukungan dari pemerintah daerah,” beber Wamen PUPR, John Wempi Wetipo. Lebih jauh dia mengatakan, pihaknya telah mendapatkan dukungan dengan Gubernur Sulteng terpilih, Rusdy Mastura ketika mereka disambut di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Reporter: Faiz
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas