Home Palu

KSPI Sulteng Perkuat Dialog Dalam Selesaikan Permasalahan Buruh

Korwil KSPI Sulteng. (Foto: Ist/ Dok. KSPI)

Palu, Metrosulawesi.id Bertambahnya Perusahaan di Sulawesi Tengah, secara otomatis akan mengalami peningkatan di sektor pemenuhan ketenagakerjaan. Kehadiran serikat Pekerja dan serikat buruh (SP/SB) dalam mengakomodir kebutuhan perusahaan untuk menyediakan dan menyalurkan tenaga kerja, dalam mewujudkan keberlangsungan produktivitas perusahaan.

Koordinator Wilayah (Korwil) Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Sulteng, Ilsam Lareza, dalam keterangan persnya, Sabtu, 29 Mei 2021, mengatakan sebagai organisasi penyalur dan menampung aspirasi pekerja, pihak KSPI Sulteng, sangat gencar dalam menjalin hubungan harmonis, dengan cara  membangun komunikasi dan dialog berkelanjutan baik dengan perusahaan maupun pemerintah.

Dikatanka Ilsam,  tidak dipungkiri dengan jumlah perusahaan dan tenaga kerja yang semakin bertambah itu, tidak jarang terjadi gesekan, pertentangan kepentingan dan perselisihan.

‘’Seperti persoalan pembayaran upah yang tidak sesuai aturan, kinerja pekerja/buruh tidak baik, perusahaan kurang patuh terhadap aturan ketenagakerjaan hingga permasalahan lainnya,” urai Ilham.

Olehnya itu, lanjut Ilham,  dalam setiap menemukan permasalahan antara pekerja dan perusahaan, selalu membuka ruang untuk mengedepankan mediasi, dan dialog.

“Sebagai langkah utama menciptakan penyelesaian permasalahan yang harmonis tanpa perselisihan,” tutupnya. (*/edy)

Ayo tulis komentar cerdas