Home Hukum & Kriminal

Januari-Mei 2021, Tangkap 408 Tersangka Narkoba

Aman Guntoro. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Sepanjang Januari hingga Mei 2021, Sebanyak 408 tersangka ditangkap oleh pihak Polda Sulteng atas kasus Narkotika, dan 42 orang di antaranya diantaranya adalah perempuan.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sulteng, Kombes Pol Aman Guntoro, dalam keterangan tertulisbnya, Kamis 27 Mei 2021, menjelaskan bahwa 42 tersangka dari kalangan perempuan itu dominan berperan sebagai pengedar serta pemakai.

“Ada 285 kasus yang dapat diungkap oleh Polda Sulteng, bersama seluruh Polres jajaran sejak 1 Januari hingga 24 Mei,” ucapnya.

“Adapun jumlah barang bukti dari kasus itu yakni sebanyak 2.785.13 gram sabu-sabu, ganja 196.45 gram, 26 butir ekstasi, obat daftar G 7.721 butir, dan tembakau gorila 36.84 gram,” tambahnya.

Aman juga mengatakan, sebelumnya, pihak Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulteng telah memusnahkan barang bukti sabu-sabu sebanyak 699,62 gram, dan pemusnahan Narkoba jenis Sabu-sabu itu, merupakan tangkapan Polda Sulteng beberapa waktu lalu yang berasal dari empat kasus, dengan jumlah tersangka enam orang.

“Barang bukti sabu-sabu itu dimusnahkan dengan cara direbus dalam wadah yang sudah disiapkan lalu dibuang ke selokan dengan disaksikan para pejabat terkait seperti dari kejaksaan, pengadilan negeri, serta kementerian hukum dan hak asasi manusia,” ungkapnya.

“Kami mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Sulteng,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas