Home Hukum & Kriminal

Polres Sigi ‘Panen’ Miras

BARANG BUKTI - Ratusan miras jenis saguer diamankan polisi dari sebuah mobil di Kabupaten Sigi, Senin 24 Mei 2021. (Foto: Istimewa)
  • Amankan Ratusan Liter Cap Tikus dan Saguer

Sigi, Metrosulawesi.id – Jajaran Polres Sigi ‘panen’ minuman keras (Miras). Ada ratusan miras yang berhasil diamankan dari dua tempat berbeda. Pertama polisi mengamankan ratusan liter Cap Tikur dan saguer dari sebuah mobil dan sepeda motor.

Kasat Narkoba, Iptu Janni Sagala mengatakan kurang lebih ada 360 liter miras yang diamankan di dua lokasi dari dua pelaku berinisial RC (22)  warga Palu Selatan, Kota Palu yang menggunakan mobil dan YA (60) warga Desa Baku-bakulu, Kecamatan Palolo.

“Dari dalam mobil merek Avanza yang dikemudikan oleh RC diamankan miras jenis Saguer sebanyak 12 jerigen dengan total keseluruhan yang diamankan sebanyak 300 liter miras jenis saguer. Dan pengendara sepeda motor  yang dikemudikan oleh YA warga Desa Baku-bakulu Kecamatan Palolo, diamankan miras jenis cap tikus sebanyak 2 jerigen dengan total keseluruhan 60 liter cap tikus,” jelasnya.

Kata Iptu Janni Sagala, miras dan pemiliknya telah diamankan di Makopolres Sigi karena pemiliknya tidak bisa memperlihatkan izin saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

“Pemiliknya kami amankan ke Polres Sigi guna dibuatkan berita acara wawancara sekaligus memberikan penekanan dan pembinaan untuk tidak membawa atau menjual minuman keras lagi,” ujarnya.

Kasat Narkoba mengatakan, razia ini merupakan tindak lanjut perintah dan imbauan Kapolres Sigi AKBP Yoga Priyahutama beberapa waktu lalu untuk memberantas peredaran minuman keras, yang efeknya dapat merugikan kita dan orang lain.

Polisi menyita puluhan liter miras dari wilayah Kulawi. (Foto: Istimewa)

Sehari setelahnya, Selasa 25 Mei 2021, Polsek Kulawi juga berhasil mengamankan sebanyak puluhan liter minuman keras. Kapolsek Kulawi Iptu Ahsan mengatakan, puluhan liter miras diamankan di sejumlah lokasi di wilayah itu. Enam pemilik miras juga turut diamankan. Mereka adalah: YF, TI, IN, PI, AC, dan IN.

Kapolsek Kulawi, Iptu Ahsan mengatakan bahwa razia penyakit masyarakat dilaksanakan dalam rangka mencegah gangguan keamanan. Selain itu, mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Kulawi.

“Kagiatan razia kita fokuskan di lokasi yang diduga sebagai tempat yang diduga menjual miras di wilayah Hukum Polsek Kulawi. Hasilnya kita amankan puluhan liter miras jenis cap tikus,” kata Kapolsek.

Kata dia, barang bukti miras tersebut diamankan karena pemilik tidak bisa memperlihatkan izin jualnya saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

“Pemilik kami turut amankan ke Polsek Kulawi guna di buatkan berita acara wawancara sekaligus memberikan penekanan dan pembinaan untuk tidak menjual minuman keras lagi,” terangnya.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi minuman keras atau berpesta minuman keras, apalagi menjualnya. Karena banyak dampak buruk dari miras ini, salah satunya dapat menimbulkan ganguan kamtibmas.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas