Home Poso

Pangdam Berharap Opster TNI Tingkatkan Keamanan di Poso

KUNJUNGI POSO - Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang, saat mengunjungi Kabupaten Poso, Senin 24 Mei 2021. (Foto: Dok Korem Tadulako)

Poso, Metrosulawesi.id – Operasi Teritorial (Opster) TNI yang sedang berlangsung di sejumlah wilayah Kabupaten Poso diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat, menumbuhkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela Negara. Itu merupakan bentuk kemanunggalan serta Darma Bhakti TNI kepada rakyat Indonesia yang telah melahirkannya.

Demikian disampaikan Panglima Kodam (Pangdam) XIII Merdeka Mayor Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang, yang didampingi Komandan Korem 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf saat meninjau renovasi rumah tidak layak huni di Desa Mapane dan Gereja Masehi Advent di Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, yang adalah bagian dari Operasi Teritorial 2021, Senin 24 Mei 2021.

Santos mengatakan, selain kegiatan fisik, Operasi Teritorial TNI juga menggelar penyuluhan narkoba, pelayanan kesehatan gratis, penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, perkebunan, bhineka tunggal ika, hukum dan pembinaan mental.

“Opster ini bertujuan untuk membantu memulihkan situasi keamanan Poso yang cukup lama terganggu oleh ancaman aksi teror, radikalisme dan gangguan keamanan lainnya,” ucapnya.

“Tujuan Opster cukup jelas. Yaitu untuk membantu Pemkab Poso dalam meningkatkan kesejahteraan dan keamanan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu Pendeta Gereja Advent Desa Tangkura, Herry Kawet menyatakan kesyukurannya atas bantuan Opster TNI.

“Sekarang sudah bagus dan nyaman untuk ibadah warga Desa Tangkura,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Nordin, warga Kelurahan Mapane, yang rumanya di rehab oleh TNI.

“Rumah saya seperti disulap. Rumah saya ini sebelumnya berdinding papan, sekarang semi permanen, dengan atap seng dan dinding tembok bersambung papan. Saya senang dan berharap program renovasi ini ada lagi untuk waga lain yang belum dapat. Karena masih sangat banyak warga Poso yang kondisi rumahnya sekarang reot dan butuh direnovasi,” ucapnya.

Saat melakukan peninjauan, Mayjen TNI Santos G. Matondang dan Brigjen TNI Farid Makruf didampingi pula oleh Kasiter Korem 132 Tadulako Kolonel Inf Rahman, Dandim 1307 Poso Letkol Inf Gusti Nyoman Mertayasa, Danyon 714 Sintuvu Maroso Letkol Inf Costantinus Rusmanto, dan Danden Zipur 15 Mayor Czi Pratomo Wibisono. (edy/*)

Ayo tulis komentar cerdas