Home Sulteng

Insan Film Diajak Terlibat Promosi Wisata

I Nyoman Sriadijaya. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, I Nyoman Sriadijaya mengharapkan para insan perfilman daerah dapat bersama-sama memikirkan soal promosi pariwisata di Sulteng.

“Melalui karya kreatif perfilman, video, dokumentasi, dan animasi kita harapkan bisa ke depan dapat mempromosikan citra kearifan budaya lokal kita di Sulteng,” kata I Nyoman, di Palu, belum lama ini.

Menurut I Nyoman, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa di visualisasikan di Dinas Pariwisata Sulteng, bukan hanya di bidang kelembagaan, tetapi bidang pemasaran juga perlu. Bahkan mungkin juga dengan industri keratif.

“Bidang kelembangaan ini mereka tugasnya meningkatkan kapasitas SDM, tetapi nanti bagaimana insan perfilman daerah bisa menghasilkan karya-karya, tentunya memerlukan pendampingan-pendampingan, baik dari sisi kerja sama program dan pembiayaannya, sehingga dapat menghasilkan suatu produk film atau video agar dapat mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif, ” ujarnya.

“Sebenarnya secara totalitas Sulteng kemudian prioritas destinasi, serta spot-spot terkait dengan budaya, itu sudah ada video dokumenter yang durasinya sekitar satu jam, menggambarkan tentang potensi pariwisata Sulteng,” ungkapnya.

Dirinya pun berharap muncul ide-ide kreatif dari insan perfilman Sulawesi Tengah yang bisa di disinergikan dengan Dinas Pariwisata.

“Kemungkinan akan ada FGD dan lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, I Nyoman mengatakan, kolaborasi Pemprov melalui Dispar Sulteng dengan para pegiat film bisa menghasilkan karya film yang bagus, dengan pendampingan melalui kerja sama program serta pembiayaan suatu produksi film.

“Di samping itu, Dispar Sulteng telah mengantongi beberapa spot potensial pariwisata kental dengan kebudayaan di Sulteng, yang nantinya akan diabadikan lewat film dokumenter berdurasi sekitar 1 jam,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas