Home Hukum & Kriminal

Pelaku Curas 11 TKP di Palu Dibekuk di Sultra

AKBP Riza Faisal. (Foto : Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • Terpaksa Dihadiahi Timah Panas

Palu, Metrosulawesi.id – Pelarian pelaku tindak pidana pencurian dan kekerasan (Curas) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), di 11 TKP (Tempat Kejadian Perkara), di wilayah Kota Palu, berakhir di wilayah Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal SIK, dalam keterangan tertulisnya, Senin 24 Mei 2021, menjelaskan bahwa tersangka yang berinisial MI(21), warga Jalan S.Lambangan, Kelurahan Ujuna, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, ditangkap Tim Buser Sat Reskrim Polres Palu, bersama Tim Buser Polres Konawe, Polda Sultra.

“Tersangka ditangkap di Jalan Poros Wawotobi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, sekitar Pukul,15:00 WITA, Rabu 19 Mei 2021, berdasarkan laporan polisi, No.LP-B / 1187 / XII / 2021 / Sulteng / Resort palu /Tanggal 11 Desember 2020 tentang Tindak pidana pencurian dengan kekerasan,” ungkapnya.

Riza menjelaskan bahwa, Penangkapan tersangka itu berawal dari adanya laporan kejadian Pecurian dan Kekerasan, atau biasa di sebut Jambret, yang terjadi pada 11 Desember 2020, di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Tondo, Kota Palu.

Dalam penyelidikan, Polisi mendapati identitas pelaku yakni MI, dan petugas pun langsungmelakukan penncarian terhadap pelaku, yang akhirnya diketahui pelaku yang telah melakukan aksinya di 11 TKP itu, berada di wilayah Kabupaten Kobawe, Sulawesi Tenggara.

“Polres Palu pun segera berkoordinasi dengan Polres Konawe, dan langsung bergerak menuju kabupaten Konawe, dan melakukan penangkapan terhadap tersangka MI,” tuturnya.

“Dari hasil introgasi Pelaku membenarkan telah melakukan pencurian sebanyak 11 kali bersama – sama dengan temannya berinisial BT dan  AD rekannya yang telah ditahan di rutan Polres Palu dan Polsek Palu Timur,” jelasnya.

AKBP Riza Faisal SIK juga menjelaskan, dalam perjalanan ke Kota Palu, di wilayah Desa Karumba, Kabupaten Donggala, pada Jumat 21 Mei 2021, sekitar pukul 12.10 WITA, tersangka dengan beralasan hendak buang air kecil, mencoba kabur dari pengawalan petugas, hingga petugas terpaksa melumpuhkan tersangka dengan menembak kaki pelaku.

“Terpaksa kami tembak kakinya, sebelumnya kami telah lakukan tembakan peringatan sebanyak tiga kali,” jelasnya.

“Saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolres Palu, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi – Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas