SOSIALISASI - Ketua KPUD Donggala M. Unggul bersama anggotanya saat melakukan sosialisasi DP3 di kantor Desa Loli Saluran, Senin (24/5/2021). (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala Senin (24/5/2021) melaksanakan pertemuan dengan Pemerintah Desa Loli Saluran Kecamatan Banawa. Pertemuan itu dalam rangka persiapan pembentukan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

DP3 merupakan program nasional KPU dalam menunjang peningkatan partisipasi  pemilih secara berkesinambungan dengan melibatkan desa dan kelurahan.

Ketua KPU Donggala M.Unggul mengapresiasi kesediaan Desa Loli Saluran untuk menjadi lokasi pilot project DP3.

“Kami sangat senang, program nasional KPU ini didukung oleh pemerintah desa. Harapannya kader DP3 ini dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan pendidikan, pemahaman kesadaran berpolitik  dan demokrasi kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih,” tuturnya.

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Donggala Yudhi Riandi menyampaikan tantangan yang akan dihadapi kader DP3 ke depan.

“Tantangan dari bapak dan ibu ke depannya sangat berat karena bertugas untuk membentuk paradigma dan merubah mindset masyarakat tentang politik dan demokrasi,” tegasnya.

Dikatakannya lagi output dari program ini adalah terwujudnya masyarakat yang mandiri dan rasional terhadap pelaksanaan demokrasi sehingga memiliki kedaulatan sebagai pemilih yang tidak bisa diintervensi oleh politik uang, berita hoax, maupun politisasi SARA. Kades Loli Saluran, Ayub menyampaikan apresiasi yang besar terhadap program DP3 ini.

“Kami sangat bangga dan merasa terhormat dari 158 desa di Kabupaten Donggala, Loli Saluran bisa dipercaya menjadi lokasi pilot project DP3. Program ini akan kami dukung,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas