Home Palu

Antisipasi Lonjakan Pendaftar, SMAN 2 Palu Siapkan Kelas Cadangan

Eddy Siswanto. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – SMA Negeri 2 Palu memiliki strategi tersendiri dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), strategi itu yakni menyiapkan kelas cadangan untuk mengantisipasi lonjakan pendaftaran siswa baru.

Kepala SMAN 2 Palu, Eddy Siswanto mengungkapakan, PPDB jenjang SMA tahun ini dilaksanakan secara serentak, untuk mekanisme pendaftaranya dilakukan secara daring dengan mengakses link yang telah disiapkan sekolah.

“Sebenarnya kami menargetkan untuk menerima tujuh kelas. Hanya saja jika ada lonjakan dari siswa, maka mereka sudah menyiapkan empat kelas tambahan untuk para siswa tersebut,” kata Eddy, melalui ponselnya, belum lama ini.

Kata Eddy, PPDB dilaksanakan sejak 3 Mei hingga 7 Juni 2021, dan saat ini sudah banyak siswa yang melaksanakan pendaftaran.

“Pada PPDB saat ini sama dengan tahun sebelumnya, hanya saja tahun ini kami sudah menyiapkan empat kelas cadangan untuk menampung lonjakan pendaftaran,” ungkapnya.

Menurut Eddy, tidak semua siswa akan diterima sebab menggunakan sistem zonasi. Selain itu juga kelas cadangan tersebut nantinya akan dilaporkan ke Disdikbud Sulteng.

“Jika dari Disdikbud setujui kami akan terima dan jika tidak, terpaksa kami hanya menerima tujuh kelas sesuai dengan target yang kami tentukan,” ungkapnya.

Sebelumnya kata Eddy, SMAN 2 Palu telah meluluskan siswa dari 11 kelas, karena kelas lainnya hingga saat ini masih dalam tahap perbaikan. Makanya ada empat kelas tambahan nantinya yang memang digunakan untuk para siswa tambahan.

“Kami juga menjamin bahwa kelas cadangan tersebut bisa digunakan para siswa untuk belajar mengajar. Hanya saja memang tidak sesuai dengan harapan, karena saat ini masih dalam masa perbaikan,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas