Home Palu

Kelurahan Birobuli Selatan Rutin Ajak Warga Ciptakan Lingkungan Asri

KERJA BAKTI - Suasana kerja bakti Satgas K5 Kelurahan Birobuli Selatan bersama warga Jalan Sekunder III dan Sekunder VII, RT.06/06. (Foto: Dok. Birsel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kelurahan Birobuli Selatan terus berupaya menggalakkan program kebersihan di wilayahnya untuk mewujudkan Program Palu Adipura 2023. Salah satunya dengan intens menggelar mengajak warga menciptakan lingkungan indah, asri dan berestetika melalui kerja bakti.

Seperti kerja bakti yang dilaksanakan Satgas K5 Kelurahan Birobuli Selatan bersama warga , Minggu pagi, 23 Mei 2021.

“Tadi pagi kami melaksanakan kerja bakti di Jalan Sekunder III dan Sekunder VII, RT.06/06. Satgas K5 Kelurahan Birobuli Selatan bersama warga RT.06/06 melaksanakan kerjabakti membersihkan sampah dan melakukan pemotongan rumput dan pohon yang sudah menutupi sebagian bahu jalan. Dengan kerja bakti tadi pagi itu maka kondisi bahu jalan sudah kembali normal, kondisi lingkungannya juga  semakin kelihatan indah, asri, dan berestetika,” kata Lurah Birobuli Selatan, Hisyam Baba melalui ponselnya, Minggu sore, 23 Mei 2021.

Hisyam mengungkapkan, kerja bakti tersebut dipimpin langsung oleh Ketua RT.06/06, Samrin dan diikuti oleh sebagian warga RT.06/06 secara gotong royong.  

“Kerja bakti ini memang tidak diikuti oleh semua warga karena sebagian warga sedang mengikuti ibadah Minggu,” ungkapnya.

“Alhamdulillah kerjabakti warga RT.06/06 pada hari Minggu ini berjalan aman dan lancar, Terlihat warga sangat antusias karena ini adalah kegiatan kerjabakti pertama di Jalan Sekunder Sekunder III dan VII, sudah beberapa tahun kegiatan kerja bakti seperti ini tidak pernah dilaksanakan,” kata Hisyam.

Hisyam mengatakan, kerja bakti ini dilaksanakan atas inisiatif Ketua RT.06/06 hasil pemekaran dan di dukung oleh warga.  

“Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan Satgas K5 ikut serta membantu,” jelasnya.

Hisyam mengungkapkan, lokasi kerja bakti itu sering dijadikan tempat pmbuangan sampah ilegal oleh warga luar wilayah.

“Makanya kami bersihkan di wilayah itu, dan kami juga tadi pasang  spanduk larangan buang sampah, dan warga nanti yang langsung mengawasi,” ungkapnya.

“Intinya kerja bakti yang dilaksanakan Minggu pagi tadi tentu untuk menindaklanjuti imbauan Pemerintah Kelurahan Birobuli Selatan dalam mendukung program Palu Adipura yang telah dicanangkan oleh Pemkot Palu,” tambahnya.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas