Home Parigi Moutong

Berkat TNI AD dan Warga, Kini Miliki Rumah Layak Huni

RUMAH BARU - I Ketut Mangrug (tengah) saat menerima kunci rumah barunya, yang diserahkan langsung oleh Danramil 1306-17/Sausu, Letda Inf I Gusti Ngurah Susila, didampingi Camat Balinggi, dan Tokoh masyarakat. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • I Ketut Mangrug, 40 Tahun Tinggal di Rumah Reot Tanpa Listrik

Parimo, Metrosulawesi.id – Kurang lebih 40 tahun tinggal di rumah yang terbuat dari papan dan kerap tergenang air bila hujan, tanpa penerangan listrik, I Ketut Mangrug, pria kelahiran 80 tahun silam, bersama sang istri yang sedang sakit dan anak perempuannya semata wayangnya yang juga dalam kondisi keterbelakangan itu, kini dapat hidup tenang di rumah barunya yang terbuat dari beton.

I Ketut Mangrug, yang saat ini dalam kondisi sakit-sakitan, menceritakan bahwa jangankan membangun rumah, untuk kebutuhan sehari-hari saja, kini tinggal anak perempuannya yang juga dalam kondisi keterbelakangan mental, yang bekerja sebagai buruh tani.

“Mana lagi, saat ini istri saya juga dalam kondisi sakit-sakitan, dikarenakan umur kami yang sudah renta, hingga tidak dapat lagi melakukan aktivitas bekerja,” ucapnya.

I Ketut Mangrug, mengatakan bahwa dirinya tinggal di Desa Balinggi, sejak tahun 1969, dan hingga kini masih menghuni rumahnya yang sudah telihat hampir roboh dan kerap tergenang banjir, serta tanpa penerangan listrik tersebut.

“Saya beruntung didatangai bapak Tentara, yang mau membantu saya dan keluarga, untuk membangun rumah yang layak huni,” ujar pria kelahiran 1941, dengan bahasa indonesia yang sudah tebata-bata, tercampur dengan bahasa Bali.

Benar adanya, kini keluarga I Ketut Mangrug, yang tinggal di dusun I, desa Balinggi Jati, Kecamatan Balinggi, Kabupaten Parigi Moutong, itu sudah menempati rumah baru yang terbuat dari beton dan bebas banjir, yang dibangunkan oleh pihak Kodim 1306/Donggala, melalaui Koramil 1306-17/Sausu, bersama dengan masyarakat sekitar.

Danramil 1306-17/Sausu, Letda Inf I Gusti Ngurah Susila, kepada wartawan Metrosulawesi, Sabtu 22 Mei 2021, di sela-sela penyerahan kunci rumah, kepada keluarga I Ketut Mangrug, menejelsakan bahwa, kondisi kehidpuan keluarga I Ketut Mangrug tersebut, diketahuinya dari laporan personel Babinsa di wilayah tersebut, yakni Sertu I Nyoman Budiarsa, yang kemudian diteruskan ke Dandim 1306/Donggala, Kolonel INF Heri Bambang Wahyudi SIP, yang langsung memberikan respon yang baik dan memerintahkan untuk segera melakukan karya bakti bedah rumah.

“Iya, setelah mendapat laporan dari Babinsa, saya langsung merespon dan melaporkan ke Dandim, yang mana Komandan langsung memerintahkan agar segera melakukan kegiatan bedah rumah, untuk keluarga I Ketut Mangrug,” ucapnya.

“Menurut data dari pihak kecamatan, bapak I Ketut Mangrug ini, tuidak memiliki keluarga lainya, hanya dirinya , istri dan anak perempuanya yang juga dalam kondisi keterbelakangan mental, yang membuat kami memilih untuk melakukan karya bakti rehab rumah keluarga ini,” ujar Danramil.

Letda Inf I Gusti Ngurah Susila, juga menjelaskan bahw dikarena struktur tanah dilokasi yang sangat rendah hingga sering terendam banjir, pihaknya berinisiatif untuk mendirikan rumah baru, di lokasi yang sama, dengan sebelumnya melakukan penimbunan dengan material yang di sumbangkan oleh warga sekitar.

“Untuk pembangunan rumah tersebut, selain dana bantuan dari Kodim 1306/Dgl, juga bantuan dari warga sekitar termasuk pihak kecamamatan dan tokoh masyarakat, yang menyumbangkan bahan baku bangunan hingga tenaga,” jelasnya.

“rumah ini berdiri berkat semangat gotong royong warga bersama dengan TNI AD, dan saat ini semntara di bangun pura untuk tempat ibadah, yang juga sumbangan dari warga di sini.” tambahnya.

Danramil 1306-17/Sausu, Letda Inf I Gusti Ngurah Susila, juga mengatakan bahwa, hari ini 23 Mei 2021, kami melaksanakan kegiatan penyerahan rumah kepada keluarga I Ketut Mangrug, yang juga hadi ini dihadiri dari Camat Balinggi, I Gede Widiadha.SKM,.M.AP, serta anggota DPRD Parimo I Ketut Mardika dan warga serta perangkat Desa.

“Semoga bantuan ini memberikan manfaat yang dapat dirasakan secara langsung bagi peningkatan kesejahteraan dan senantiasa menjadikan rumah sebagai tempat tinggal yang sehat, serta aman bagi keluarga,” tutupnya.

Sementara itu, Dandim 1306/Donggala, Kolonel INF Heri Bambang Wahyudi SIP, mengatakan bahwa Kegiatan Karya bhakti tersbut, dilaksanakan dalam rangka membantu percepatan pembangunan Pemerintah Daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Karya bhakti bedah rumah ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan tempat tinggal yg lebih baik dan layak huni,” ucapnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan pihak-pihak lain yang bersama-sama membantu kegiatan bedah rumah ini,” tambahnya.

Camat Balinggi I Gede Widiadha, kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Koramil 1306-17/Sausu, terutama Kodim 1306/Donggala, yang sudah mengkoordinir bedah rumah warga di sini, hingga warga yang kurang mampu mendapatkan tempat tinggal yang layak.

“Terimakasih sudah membantu tanpa pamrih, kepada warga kami yang membutuhkan,” ucapnya.

“Bukan hanya rumahnya yang di bangunkan, akan tetapi pihak Koramil 1306-17/Sausu, dan warga juga memberikan sumbangan peralatan dan isi rumah, mulai dari kuri, tempat tidur, peralatan dapur, hingga listrik,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas