Kapolsek Batui IPTU IK Yoga Widata, SH, saat memantau razia kendaraan bermotor yang menggunakan kenalpot Bogar. ( Foto: Dok. Polsek Batui)

Banggai, Metrosulawesi.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Batui, Polres Banggai, Kamis 20 Mei 2021,menggelar razia kendaraan sepeda motor, yang menggunakan kenalpot bersuara bising (Bogar), yang suah meresahkan warga, di Jalan Trans Desa Sukamaju, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai.

Kapolsek Batui IPTU IK Yoga Widata, SH, kepada wartawan Metrosulawesi, melalui telepon mejelaskan bahwa, dalam razia tersebut, pihaknya menjaring 12 unit speda motor yang menggunakan kenalpot bersuara bising atau bogar.

“Selain itu, kami juga melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan  dan memeriksa seluruh pengendara maupun  penumpang, serta barang-barang yang dibawanya, guna antisipasi terhadap hal yang mencurigakan,” ungkapnya.

Yoga juga menjelaskan bahwa, untuk 12 pelanggar yang  menggunakan kenalpot Bogar, pihaknya memerintahkan untuk mengganti kenalpot dengan yang standar bawaan pabrik, dan untuk kenalpot Bogar disita dan diamankan di Mapolsek Batui.

Setelah ke 12 pelanggar mengganti kenalpot dengan yang standar, pihaknya memberikan menghimbau untuk tidak mengulangi perbuatanya, karena dengan menggunakan kenalpot Bogar menimbulkan suara bising, yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat saat sholat, ibadah dan saat istirahat.

“Untuk kegiatan penertiban kenalpot Bogar di Desa Sukamaju, Kecamatan Batui Selatan, merupakan tindak penertiban sesuai yang di keluhkan oleh masyarakat Batui Selatan. Karena suara bising yang keluar dari kenalpot bogar itu, mengganggu kenyamanan dan ketertiban umum dengan dampak kebisingan,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas