Home Sulteng

200 Buruh Belum Terima THR

Joko Pranowo. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Joko: Posko Aduan Buka Sampai Akhir Mei

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng mencatat ada sekitar 200 orang buruh/pekerja yang belum menerima Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1442 H/2021 M di Sulawesi Tengah. Hal ini berdasarkan laporan yang masuk ke Posko Pengaduan THR Disnakertrans Provinsi Sulteng.

Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Sulteng, Joko Pranowo, menerangkan ratusan buruh yang belum menerima THR bekerja di tiga perusahaan beroperasi di wilayah Donggala dan Tolitoli.

“Tiga perusahaan, tapi pemiliknya dua orang. Dua perusahaan di Loli dan Labuan pemiliknya satu orang, yang satu perusahaan di Tolitoli,” terangnya kepada Metrosulawesi, Kamis, 20 Mei 2021.

Joko menjelaskan pihak perusahaan di Tolitoli belum bisa membayar THR karena masalah keuangan. Sementara di Loli dan Labuan, kuasa yang berhak melakukan pencairan THR perusahaan sedang sakit dalam kondisi koma.

“Tapi yang di Tolitoli sudah dijanji 27 Mei akan membayarkan THR karena perusahaannya agak goyang dampak Covid. Nanti tanggal 27 Mei kami monitor lagi,” jelas Joko.

Dia mengatakan Posko Pengaduan THR Disnakertrans Provinsi Sulteng masih akan dibuka sampai akhir Mei 2021. Buruh/pekerja yang masih belum menerima hak mendapatkan THR disilakan melapor.

“Posko kami buka sampai akhir bulan ini, kalau ada aduan kita masih proses,” pungkas Joko.

Sebelumnya, Joko mengungkapkan pihaknya telah menerima 10 aduan dari pekerja/buruh terkait Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1442 H/2021 M.

“Sampai Jumat, ada 10 aduan masuk ke Posko Pengaduan THR, yang konsultasi ada 11 orang melalui telpon,” ungkapnya, Senin, 10 Mei 2021.

Dia mengatakan dari 10 aduan yang diterima, tinggal satu perusahaan yang belum melaksanakan kewajiban membayar THR. Terhadap perusahaan tersebut, Disnakertrans Provinsi Sulteng melayangkan surat teguran.

“Jadi yang dari 10 aduan, yang satu agak bandel, belum ada realisasinya, makanya kita kirim surat teguran,” kata Joko.

Posko THR Disnakertrans Provinsi Sulteng siap menerima aduan 24 jam melalui empat kontak yang telah tentukan. Kontak pertama melalui Syaiful dengan nomor 085394276500. Kedua Rifai dengan nomor 085256617033. Ketiga melalui Andawiah dengan nomor 081341189677. Keempat melalui Novianthi dengan nomor 082345888859.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas