PROTES ISRAEL - Ratusan umat muslim Poso turun ke jalan mendesak kemerdekaan Palestina, Rabu 19 Mei 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)
  • Massa Muslim Poso Dukung Perjuangan Palestina

Poso, Metrosulawesi.id – Ratusan orang muslim di Poso  merasa terpanggil untuk memberikan dukungan kepada Palestina yang sampai dengan saat ini terus mempertahankan kedaulatan aqidah meskipun terus dibombardir Israil. Long march aksi spontanitas ini berlangsung Rabu 19 Mei 2021 dimulai dengan titik kumpul halaman Masjid Raya Baitul Rahman, masjid kebanggaan warga Poso.

Sekitar pukul 13.15 WITA, massa  mulai bergerak keluar halaman masjid melewati jalan Pulau Natuna, seterusnya masuk Pulau Kalimantan dimana depan jam kota berhadapan markas POM Militer,  orasi protes atas kebiadaban Israel disampaikan koordinator aksi ustadz Sugianto Kaimuddin yang intinya mengutuk kebiadaban Israel yang terus membordir Palestina, “Kami mendukung Palestina untuk merdeka dan berdaulat,” ujar ustadz Sugianto Kaimuddin penuh semangat. 

Dalam aksi itu, peserta membawa bendera Palestina berukuran kecil hingga besar. Selain itu, juga berbagai tulisan berisi dukungan kepada warga negara tersebut.

Termasuk tulisan kalimat-kalimat Tauhid, terpantau pakaian digunakan didominasi warna hitam.

Saat orasi, Sugianto mengatakan bahwa pertikaian kedua negara terus terjadi karena Palestina tak kunjung diterima sebagai negara merdeka dan berdaulat di Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sugianto menjelaskan tujuan aksi spontanitas ini adalah  murni sebuah bentuk dukungan kemanusiaan dari masing-masing peserta agar Palestina bisa merdeka dan berdaulat.

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19,  dirinya  mengaku tidak bisa mengajak peserta dalam jumlah besar, bahkan peserta yang hadir wajib menerapkan protokol kesehatan ketat.

Massa terus bergerak memasuki jalur dua hingga masuk depan kantor Pemerintah Daerah Poso, di sana massa diterima Wakil Bupati Poso M Yasin Mangun untuk menerima aspirasi, ratusan aparat keamanan baik TNI dan Polri terus disiagakan hingga ratusan massa Pro Palestina ini menuju dan memasuki halaman Kantor DPRD.

Sambil berorasi dengan suara lantang, Sugianto sebagai Korlap mengimbau massa untuk tidak anarkis, karena maksud dan tujuan aksi spontanitas ini adalah memberikan dukungan kepada Palestina untuk terus berjuang melawan zionis Israel.

Kendati demikian, dia menyebut akan ada aksi serupa apabila keinginan mereka tak didengar atau agresi Israel masih digencarkan, “Poso hadir dan selalu ada untuk saudara-saudara di Palestina,” tegasnya.

Sugianto  berharap pemerintah harus turun tangan dan lebih tegas untuk membantu Palestina agar bisa meraih kedaulatan dan kemerdekaan.

Begitu pula dengan agresi militer yang terus terjadi untuk segera dihentikan agar tak menimbulkan korban jiwa lagi di kemudian hari.

“Pemerintah harus lebih tegas, harus lebih menginisiasi untuk memperjuangkan Palestina merdeka. Indonesia termasuk Poso akan terus bersama Palestina selama masih dijajah Israel,” tuturnya.

Usai orasi dihalaman kantor DPRD, massa membubarkan diri dan kembali ke titik kumpul semula yakni Masjid Raya Baitul Rahman.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas