Home Palu

Jaga Diri, Jangan Terlibat Narkoba

PENGARAHAN - Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi, menyampaikan arahan kepada jajaran Lapas dan Rutan saat apel pagi, Rabu, 19 Mei 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Donggala, diingatkan agar tak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulteng, Lilik Sujandi, saat apel pagi di Lapas Palu, Jalan Dewi Sartika Nomor 73 Kota Palu, Rabu, 19 Mei 2021.

“Sulawesi Tengah menempati posisi ke empat dalam daftar provinsi yang terpapar narkoba. Jaga diri agar tidak terlibat dengan narkoba dalam bentuk apapun,” tegas Lilik. 

Dia juga mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan tugas seluruh petugas harus terus meningkatkan profesionalitas dalam penerapan kerja di lapangan sehingga tercipta lingkungan kerja yang bersih dan nyaman.

Untuk menyikapi over kapasitas dalam Lapas atau Rutan, Lilik mengharapkan seluruh petugas agar menumbuhkan sikap peduli terhadap kondisi atau lingkungan kerjanya, tanpa harus melihat posisi ataupun jabatannya dalam membantu pelaksanaan tugas.

Apel pagi turut dihadiri Kepala Lapas Palu, Gamal Bardi dan Kepala Rutan Donggala, Safiuddin, serta seluruh jajaran dengan menerap protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19).

Sebelumnya, Lilik telah mengungkapkan komitmennya dalam memerangi peredaran narkoda di Lapas dan Rutan dalam naungan Kanwil Kemenkumham Sulteng.

“Sebagai bentuk nyata komitmen kami, Kanwil Kemenkumham Sulteng sudah memberhentikan satu orang petugas Lapas Palu yang terlibat peredaran narkoba,” ungkap Lilik di Palu, baru-baru ini.

Komitmen lainnya yaitu Lilik mengaku telah menginstruksikan Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulteng untuk melakukan test urine bagi semua petugas Lapas dan Rutan se-Sulawesi Tengah.

“Upaya ini kita lakukan sebagai langkah identifikasi terhadap semua petugas Lapas dan Rutan,” ucapnya.

Seperti diberitakan, seorang petugas Lapas Kelas IIA Palu atas nama Sumardin terlibat penyalahgunaan narkoba pada April 2020. Sumardin diamankan berawal dari penangkapan seorang warga binaan Lapas Palu yang tengah menjalani proses administrasi program asimilasi. Warga binaan ditangkap dengan barang bukti narkoba yang melibatkan Sumardin selaku petugas penjagaan pintu utama Lapas Palu.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas