Home Palu

Tender Pembangunan Gedung AMC Selesai

drg Herry Mulyadi. (Foto: Ist)
  • JICA Bantu Rp264 Miliar, Dibangun Lima Lantai

Palu, Metrosulawesi.id – Pembangunan gedung Anutapura Medical Center (AMC) baru selesai tender di Jakarta. Rencananya AMC akan dibangun lima lantai dengan anggaran yang dikucurkan sebesar Rp264 miliar, bantuan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Demikian dikatakan Plt Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi, melalui ponselnya, Selasa, 18 Mei 2021.

Herry mengatakan, gedung AMC ini akan dibangun tahun ini, yang jelas tendernya sudah selesai hanya saja belum diumumkan.

“Insya allah BUMN yang kelola, karena yang ikut hanya mereka, gedung yang rusak akibat bencana gempa bumi lalu itu memang hanya AMC,” ungkapnya.

Kata Herry, pasca gempa hingga saat ini pelayanan RSU Anutapura Palu masih tetap berjalan normal, bahkan rawat jalan dan inap juga berjalan.

“Tetapi di masa pandemi waktu pembukaan poliklinik dijadwalkan, sehingga pelayanan hari ini berbeda dengan hari esok, karena untuk mengurangi tingkat kunjungan yang padat. Sebab di ruangan itu bukan poliklinik tetapi rusun yang kita pinjam,” katanya.

Olehnya itu, Herry mengaku bahwa pengunjung dibatasi karena masih dalam masa pandemi. “Jadi misalnya kita jadwalkan hari ini poli THT buka, besok tidak, begitu seturusnya. Upaya itu kita lakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Terkait program Wali Kota Palu, Herry mengatakan, ada beberapa item yang memang sejalan seperti program Palu Sehat, peningkatan SDM, serta kualitas pelayanan.

“Yang paling ditekankan oleh Pak Wali Kota Hadianto Rasyid yakni pelayanan yang harus dipercepat, jangan ditunda-tunda. Kemudian Palu Smart City juga sejalan dengan inovasi yang kita lakukan. Maka sekarang ini sementara pembuatan aplikasi, kita anggarkan melalui BLU,” ujarnya.

Herry mengatakan, jika sudah ada aplikasi tersebut nanti semua pasien akan terkoneksi dengan bagian pelayanan rumah sakit.

“Jadi nanti kita bisa di aplikasi itu tahu jumlah tempat tidur, ruang-ruangan kosong, dokternya siapa, bahkan kita bisa lihat berapa besar yang akan digunakan oleh pasien. Jadi nanti ada aplikasi untuk mempermudah melayani masyarakat,” katanya.

Bahkan kata Herry, pendaftaran di RSU Anutapura sudah melalui website yang tersedia secara online.

“Tetapi yang paling ditekankan adalah melayani masyarakat atau pasien-pasien secepat mungkin,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas